Peran Kodim 1606/Lobar Sebagai Apkowil Distrik Militer

Mataram- Keberadaan Kodim 1606/Lobar sebagai aparat Komando Wilayah (Apkowil) dibawah komando Korem 162/WB dengan wilayah teritorialnya yang membentang dari ujung utara hingga selatan Lombok Barat dengan kota Mataram diantarannya memiliki luas 1700,17 Km2 dan dibantu oleh 10 Koramil yang tersebar dibawahnya.
Makodim 1606/Lobar yang diresmikan 17 Mei 1989 yang lalu oleh Danrem 162/WB Kol. Art. Samsoedin masih kokoh berdiri hingga saat ini hingga naik tipe A sejak sebulan lalu.
Peran Kodim 1606/Lobar dengan 3 kepala daerah diwilayahnya membutuhkan komandan berkemampuan ekstra dalam pengendalian dan pengawasan wilayah teritorialnya yang jauh lebih luas dan lebih heterogen dibandingkan Kodim lainnya di NTB.
Sesuai dengan Perkasad Nomor/111 / XII / 2012 tanggal 12 Desember 2012 tentang tugas pokok Kodim adalah menyelenggarakan pembinaan kemampuan, kekuatan, dan gelar kekuatan, menyelenggarakan pembinaan Teritorial, untuk menyiapkan wilayah pertahanan darat, dan menjaga keamanan wilayahnya, dalam rangka mendukung tugas pokok Korem. 
Komandan Kodim dalam menjalankan tugas komandonya didukung oleh Staf dan Perwira Seksi yang terdiri dari Bidang Intelijen, Bidang Operasi, Bidang Personel, Bidang logistik, Bidang Teritorial, Bidang Komando dan Pengendalian.
Untuk meningkatkan kemampuan teritorialnya Kodim 1606/Lobar kerap melakukan pembinaan dan penguatan kemampuan para babinsa dengan Binjarter yang di gelar secara berkala.
Selain itu kemitraan dengan masyarakat dan ormas lainnya terus dijalin dengan pembinaan dan Sisialisasi Hankamnas dan Wasbang. Tak ketinggalan juga pembinaan dini terhadap para pelajar SMA sederajat dalam upaya pencegahan dini pengaruh radikalisme dan penyalah gunaan Narkoba.(N3G)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru