Koramil 1606-07 Gunung Sari Potensi Hutan Dan Pariwisata

Koramil  Gunung Sari Dihamparan Hutan Lindung Dan Bentangan Pantai Batulayar

Gunung Sari Lobar-Koramil 1606-07 Gunung Sari Lombok Barat yang berdiri kokoh diantara hamparan hijaunya Hutan Lindung dibatas timur hingga bentangan pantai diujung Barat wilayahnya membaur dalam karakter masyarakat pedesaan yang humanis.
Markas Koramil 07 yang diresmikan Danrem 162/WB Kolonel Inf. Soekotjo HS pada tanggal 9 April 1998 tersebut kini didukung oleh 29 personil Babinsa dan staf bertanggung jawab  mengawasi dan membina wilayahnya yang terdiri dari 2 Kecamatan yakni Batu Layar dan Gunung Sari dengan 25 desa yang dihuni oleh 141.633 kk.
Bentangan wilayah pantai dari meninting hingga Kerandangan, merupakan potensi pariwisata bertaraf internasional tersebut wajib dipantau dan dijamin Kecamatan dan kenyamanannya dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat.
Hamparan hijaunya Hutan Lindung dan perkebunan rakyat dibatas wilayah timur dan utara sebagai jaminan ketersediaan air bersih, juga menjadi tanggungjawabnya dalam menjaga eksistensi ekosistem yang ada.
Danramil 1606-07 Gunung Sari Kapt. Inf. Danang S. menjelaskan, untuk mempertahankan eksistensi keberadaan hutan diwilayahnya pemantauan kerap dilaksanakan oleh para babinsa, Rabu 16/9.
"Kawasan hutan lindung yang berbatasan dengan hutan rakyat tetap dalam pengawasan Babinsa. Namun dimusim penghujan masih ada beberapa titik rawan longsor yang perlu diantisipasi diwilayah kecamatan Gunung Sari.
Dan untuk wilayah Batu Layar sedang dilaksanakan kerja bakti TNI dalam pemulihan aliran sungai untuk mencegah banjir yang kerap terjadi dimusim penghujan", tuturnya.
Selain itu, lanjutnya, untuk jaminan Kamtibmas pihak koramil melakukan koordinasi rutin dengan polsek setempat Dan juga melibatkan masyarakat. Penguatan jiwa patriot Dan wawasan kebangsaan dilaksanakan dengan edukasi Dan penyuluhan wasbang disekolah sekolah untuk pelajar Dan ditengah tengah masyarakat dalam setiap kesempatan Dan pertemuan",pungkasnya. (N3G)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru