Pengurus AMSI NTB Resmi Dilantik

Mataram - Maraknya Conten hoax dimedia sosial yang kian mengikis kepercayaan publik terhadap keberadaan media online merupakan tantangan yang harus segera disikapi oleh para profesionalisme jurnalistik.
Menjawab tantangan tersebut, para jurnalis dan pengusaha media online menyatukan visi dalam wadah Asosiasi Media Siber Indonesia.
 Pengurus Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) NTB periode 2019-2022 resmi di lantik langsung oleh Sekjen AMSI Dwi Eko Lokonoto di Room Fave Hotel jalan langko Mataram NTB, Senin 23/9.
Acara tersebut dihadiri oleh Forkopimda NTB, Kabupaten/Kota diwakili Kabag Humas masing masing dan 33 media online se NTB yang tercatat sebagai anggota AMSI,Kadis Kominfo NTB I Putu Gede Aryadi, Wakil Ketua DPRD NTB Mori Hanafi, anggota DPRD NTB Akhmad Ahdiansyah, perwakilan Polda NTB, Kodim 1606/Lobar diwakili Pasi Intel,  Korem 162/WB diwakili Kasi Intel,serta sejumlah mitra AMSI NTB.

Dalam pelantikan tersebut TGH. Fauzan Zakaria di tetapkan sebagai ketua AMSI NTB dan Anugrah Dany Septono sebagai sekretaris periode 2019-2022 beserta sejumlah pengurus lainnya.

Pelantikan pengurus AMSI NTB tersebut juga di rangakai dengan seminar nasional dengan mengusung tema,"Media Siber Melawan Informasi Hoaks". 

Usai melantik pengurus AMSI NTB Sekjen AMSI Dwi Eko Lokonoto menyampaikan bahwa AMSI adalah wadah media Siber dalam menyatukan visi dan misi. Selain itu juga sebagai wadah pemberdayaan para pengusaha media dan jurnalistik. Hingga hari ini anggota AMSI yang tercatat belum mencapai 300 media. Diharapkannya seiring perkembangan zaman dan tuntutan kebutuhan informasi, AMSI dapat mengambil peranan terdepan.

Ketua AMSI terpilih Fauzan Zakaria mengatakan hadirnya AMSI di NTB sebagai mitra pemerintah untuk menciptakan situasi yang kondusif melalui pemberitaan dan informasi yang terverifikasi. 

Selain itu AMSI juga mencoba meminimalisir penyebaran berita hoaks. Marak nya berita yang tidak terverifikasi atau hoaks membuat masyarakat menjadi resah.

"AMSI menjadi salah satu sebagai penyeimbang untuk menangkal penyebaran informasi hoaks, seperti kita tahu bersama intensitas penyebaran hoaks di media sosial sangat tinggi, AMSI mencoba untuk menjadi penyeimbang,"

Fauzan juga berharap masyarakat lebih cerdas dalam mencerna informasi yang beredar. Perlu di lakukan cek dan ricek terhadap berita yang tersebar. 

"Lebih cerdas dalam mengelola informasi yang di sebar, tidak serta merta di telan begitu saja, tabayun terhadap informasi sangat di perlukan sehingga kita tidak termakan isu yang menyesatkan," pungkasnya. 

Kadis Kominfo NTB Putu Gede Aryadi dalam kesempatan tersebut juga menghimbau kepada para pengusaha media dan jurnalis agar kembali kepada jati diri jurnalis media dan berpegang pada kode etik yang telah ditentukan Dewan Pers.
Menurutnya informasi hoaks sangat menyesatkan dan merugikan banyak pihak. sekitar 10 Hingga 15 Conten hoaks terpantau setiap hari, ini Perlu di antisipasi, ulasnya. 
Acara pelantikan tersebut ditutup dengan penyerahan cindera mata oleh ketua AMSI NTB terpilih kepada Sekjen AMSI, Korwil AMSI wilayah Nusra dan Bali dan Kadis Kominfo NTB.(N3G)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru