Mata Air Jodoh

Mada Oi Tembo atau mata air tembok, demikian warga Sai menyebut mata air ini. Hal itu cukup beralasan karena sekitar mata air ini sudah ditembok dan dua titik mata air yang berdampingan ini telah dibuat dua kolam ukuran kecil..Warga juga menyebut dengan Mada Oi Sai atau mata air Sai.

Menurut tokoh masyarakat desa Sai kecamatan Soromandi, Kusnadi, SH.M.Hum bahwa mada oi Sai telah berumur ratusan tahun dan masih mengalir memberikan percikan kehidipan bagi warga Sai..Pada masa lalu, mata air ini menjadi tempat persinggahan para pelaut, pedagang dan musafir untuk mengambil air bersih dan perbekalan sebelum melanjutkan perjalanan.." karena itulah nama desa ini disebut Sai yang dalam dalam bahasa Indonesia berarti mampir atau singgah." Terang Kusnadi.

Nah... yang menarik dari penjelasan warga, mata air ini diyakini sebagai mata air jodoh. Bagi para jomblo yang mandi di mata air ini akan segera mendapatkan jodoh.Tetapi jodohnya orang di desa Sai. Wallahu Alam.

Itu hanya cerita tutur sebagai bumbu saja. Jodoh ada di tangan Allah SWT. Ketentuan itu hanya Allah SWT yang tahu. Tetapi Mada Oi Sai telah menjadi saksi bisu perjalanan sejarah Bima. Sai adalah denyut sejarah yang dilupakan..

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru