Ketahanan Keluarga, Kunci Keluarga Sakinah

Rangkaian peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke-26 tingkat Provinsi NTB yang tahun ini dipusatkan di Kabupaten Bima, selain diisi dengan sejumlah kegiatan olahraga dan pameran, juga diisi dengan Live talkshow  bertajuk Harganas Ke-26 dan Kampung KB sebagai Rebranding Program KKBPK” Sabtu (29/6) pukul 16.30 Wita di Studio Bima TV Kota Bima.          

Talkshow yang dipandu Iqra Hardiansyah tersebut menghadirkan pembicara Dr. Drs.  Lalu Makripuddin,  M. Si (Kepala Perwakilan BKKBN NTB) dan Drs. H. Arifudin HMY (Asisten III Setda Kabupaten Bima).                    

Lalu Makripudin mengatakan, Tema HARGANAS Tahun Ini...“Keluarga Hari Kita Semua”, dan pesan intinya “Cinta Keluarga Cinta Terencana”               

Dikatakannya, interaksi dalam sebuah keluarga  merupakan satu hal yang amat penting. Akan tetapi faktanya saat ini di dalam keluarga masing-masing sibuk dengan urusan sendiri. Orang tua sibuk dengan HP, demikian halnya anak.               

"Karena itu kata Makripudin, Hari Keluarga yang jatuh pada tanggal 29 Juni setiap tahunnya mengingatkan kita untuk terus membangun interaksi dan komunikasi yang lebih baik dalam keluarga".           

Ketahanan keluarga menjadi satu komitmen yang harus dilaksanakan dengan menjalankan delapan fungsi keluarga, baik aspek agama, sosial budaya, cinta kasih perlindungan, ekonomi, lingkungan hidup dan aspek lainnya.   

"Jika fungsi keluarga dilaksanakan dan berfungsi dengan baik, maka akan membentuk keluarga yang sakinah, mawaddah dan warahmah". Terang Makripudin.         

Sementara itu, H. Arifudin memaparkan, Kabupaten Bima sebagai tuan rumah penyelenggaraan HARGANAS Tingkat Provinsi NTB,  sejumlah rangkaian kegiatan sudah dilakukan mulai dari jalan santai keluarga, senam sehat, pameran dan gelar dagang hingga donor darah.    

Pada pameran dagang, kabupaten Bima mengandalkan produk lokal dan mengundang kelompok industri kecil dan mikro (IKM) binaan instansi seperti DP3AP2KB, Dinas Perindag dan OPD lainnya.            

Jenis produk lokal yang ditampilkan antara lain minuman "Mina sarua", susu kuda dan kopi Tambora hingga tanaman herbal". Terang mantan Kadis Perindag ini.           

Terkait tema talkshow, Arifudin menekankan pentingnya peran orang tua. Keluarga merupakan wadah menanamkan nilai-nilai bagi anggotanya. 

"Orang tua harus menjadi panutan agar diikuti anggota keluarga. Melalui peringatan Harganas kita ingatkan betapa pentingnya keluarga berkumpul, keluarga berinteraksi, keluarga berdaya, keluarga berbagi serta peduli". Ungkapnya. (Sumber Diskominfostik/KIM WAWO/KM LENGGE)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru