Saprodi Murah Bukan Murahan

KM. Pohgading Timur – Pasca gempa yang melanda pulau Lombok selam dua bulan asa green dan serbuk anti siput mulai di cari para petani. Pengguna asa green dan serbuk anti siput bukan hanya dari pulau Lombok saja bahkan sekarang mulai lagi di cari oleh petani-petani di luar daerah karena para petani sudah melihat hasil kerja dari asa green dan serbuk anti siput.


Pasca gempa ini sudah banyak asa green dan serbuk anti siput di ambil oleh para petani yang ada di sekitaran kecamatan pringgabaya secara geratis baik pengguna asa green dan serbuk anti siput yang sudah lama menggunakan sampai yang baru melakukan uji coba penggunaan asa green dan serbuk anti siput.

Adapun petani yang di luar daerah yaitu petani asal pulau Sumbawa, petani asal pulau dewata bali dan pulau kalimanatan serta banyak petani-petani lainya, para petani tersebut datang secara  langsung mengambil asa green dan serbuk anti siput ke rumah produksi asa green dan serbuk anti siput. Melihat peminat asa green dan serbuk anti siput yang semakin banyak kami bersama pemuda asa community secara continyu memproduksi asa green dan serbuk anti siput yang diminati oleh para petani.


Seperti yang diketahui bahwa asa green adalah pupuk organic sekaligus menjadi pestisida yang melindungi tanaman dari serangan hama ulat dan belalng selain itu asa green meningkatkat masa reproduksi tanaman sedangkan serbuk anti siput merupakan pelindung tanaman yang baru tumbuh dari serangan bekicot, siput dan siput telanjang yang kerapkali memotong tanaman sayuran para petani.

Inilah yang membuat para petani selalu mencari asa green dan serbuk anti siput. Asa green dan serbuk anti siput memang gratis bagi para petani yang ada di sekitar akan tetapi asa green dan serbuk anti siput saprodi murahan bagi para petani yang ada di kampung halaman khususnya, petani di Indonesia umumnya. Pembuatan asa green dan serbuk anti siput sangat sederhana dengan proses fermentasi dan penumbukan bahan-bahan alami menggunakan alat sederhana yang kami punya yaitu lisung. Lisung ini kami gunakan memproses asa green lalu kami fermentasi sedangkan serbuk anti siput cukup kami menggunakan lisung saja untuk menumbuk bahan-bahan pembuatan serbuk anti siput sampai halus.


Walau pembuatannya sederhana yang kami lihat adalah hasil-hasil para petani yang memuaskan dan member kami motivasi yang sangat tinggi karna kami bisa membatu mereka mengurangi biaya produksi yang di keluarkan oleh para petani. Hasil penjualan asa green dan serbuk anti siput memang tidak seberapa bagi kami namum memberikan kami kepuasan bisa membantu para petani dimanapun tempanya.

By: Badri_asa

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru