Bukit Mantun Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

Sumbawa Barat. Diskominfo - Desa Mantun adalah sebuah desa wisata yang berada di Kecamatan Maluk Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) yang mempunyai destinasi pariwisata yang memikat wisatawan lokal maupun mancanegara. Mantun memiliki pantai berpasir putih dan sebuah bukit yang memiliki view indah, dari bukit tersebut wisatawan bisa menikmati pemandangan pantai dan kota Maluk dari atas.

Destinasi Bukit mantun ini digarap oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Solidaritas Pemuda Mantun (SPM).
“Di Kecamatan Maluk terdapat 20 Pokdarwis namun Pokdarwis Desa Mantun lah yang menunjukan eksistensinya sehingga desa ini menjadi desa wisata yang bisa meningkatkan perekonomian warganya”. Ucap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata KSB, Ir. IGB. Sumbawanto, M.Si saat memberikan sambutan dalam acara event Tracking/jalan sehat di Bukit Mantun Desa Mantun Kecamatan Maluk KSB, Minggu (21/10).

Menurut Sumbawanto, wisata bukit Mantun adalah destinasi yang mudah diakses oleh siapa saja. Destinasi ini juga akan membangkitkan perekonomian di Maluk, karena wisatawan yang berkunjung tidak boleh membawa makanan dari luar sehingga harus membeli di lokasi Bukit Mantun tersebut. “Yang berjualan pisang goreng atau makanan khas daerah silakan berjualan disini sehingga sektor yang membuat tumbuhnya ekonomi masyarakat semuanya bergerak”. Ucapnya.

Event jalan santai yang diadakan oleh Pokdarwis SPM untuk mengenalkan destinasi Bungkit Mantun melibatkan ratusan peserta yang datang dari berbagai daerah di KSB dan 30 atlet Paralayang yang akan melakukan eksebisi memperlihatkan skill di bukit Mantun. “Antusias warga KSB sangat luarbiasa, panitia menyediakan 600 lembar kaos untuk peserta namun jumlah tersebut masih kurang dan total peserta yang ikut mencapai 900 orang”. Ungkap Sumbawanto.

Salah seorang pedagang Bakso keliling, Abdul Hamid warga Kecamatan Maluk yang biasa menjual dagangannya sekitar pantai pasir putih merasa senang dengan adanya acara seperti ini, Ia mengaku bahwa penghasilannya bertambah. “untuk hari ini saya mendapat tiga kali lipat hasil jualan saya dibandingkan hari-hari biasa”. Tuturnya.

Hal yang sama diungkapkan oleh  seorang pedagang kacang rebus keliling yang malu jika dipublikasikan namanya. Ia juga mengaku bahwa kacang rebus yang dijualnya habis tak tersisa, bahkan masih banyak yang mencari dan ingin membeli kacang rebusnya.

Destinasi pariwisata Bukit Mantun memang memiliki spot yang unik karena memiliki spot untuk penerbang paralayang, namun untuk menumbuhkan minat wisatawan maka  akses jalan yang masih belum diaspal harus segera diaspal, serta lokasi harus terus ditata sempurna, fasilitas juga harus dilengkapi untuk kenyamanan pengunjung. Pemerintah Daerah akan memprioritaskan fasilitas pendukung serta fasilitas penting lainnya pada tahun 2019. [Diskominfo Sumbawa Barat/feryal/tifa]

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru