BPJS Ketenagakerjaan Ajak Masyarakat Jadi Peserta

Untuk melindungi para pekerja, BPJS Ketenagakerjaan menawarkan perlindungan dalam keselamatan kerja dalam melaksanakan aktivitasnya.

Hal ini diungkapkan Yulia Ika Wardani,  Kabid Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Prov. NTB, saat mengikuti Inspiratif Expo, Minggu (23/9) di Carfreeday Udayana Mataram.

Kabid Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan mengajak masyarakat yang hadir di keramaian Udayana untuk ikut peserta BPJS.

Menurut Yuli, ada 2 BPJS, BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan. " Kami ini BPJS Ketenagakerjaan,"  jelas Yuli.

BPJS Ketenagakerjaan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan) diatur oleh undang-undang (UU).  Peraturan yang bertujuan memberikan jaminan dan perlindungan sosial bagi para pekerja di Indonesia.

BPJS Ketenagakerjaan sangat diperlukan karena BPJS Ketenagakerjaan menyediakan program-program perlindungan dasar yang dapat menjamin masa depan Anda sebagai seorang pekerja. 

"Ini solusi atas risiko yang mungkin terjadi ketika Anda bekerja, seperti sakit, kecelakaan kerja, pemutusan hubungan kerja, pensiun, kematian, dan lain-lain," jelas Yuli

Menurut Yuli, ada enam buah program BPJS Ketenagakerjaan, yaitu ProgramJaminan Hari Tua (JHT), ProgramJaminan Kecelakaan Kerja (JKK),Program Jaminan Kematian (JKM), Bukan Penerima Upah (BPU), Jasa Konstruksi dan Program Jaminan pensiun.

JKK  memberikan kompensasi dan rehabilitasi bagi tenaga kerja yang mengalami kecelakaan, mulai berangkat kerja, kembali ke rumah atau menderita penyakit akibat hubungan kerja. 

Jaminan Kematian diperuntukkan bagi ahli waris dari peserta program BPJS Ketenagakerjaan yang meninggal dunia bukan karena kecelakaan kerja. 

"Ayo mumpung gratis hari ini special di Inspiratif Expo yang gagas Diskominfotik NTB, silakan daftarkan diri anda di stand kami, atau bisa datang ke Jalan Langko 15 Mataram, kami layani," kata Kabid Pelayanan ini.

Cara pendaftarannya cukup mengisi form 1A BPU dan melampirkan fotocopi KTP. "Iuran paket JKK, JKM Rp. 16.800/bulan dan paket JKK, JKM, JHT Rp. 36.800/bulan, tinggal dipilih sesuai profesi bapak dan ibu," ajak Yuli.

Gelaran Inspiratif Expo dihadiri Sekda NTB Ir. H. Rosiady Sayuti, Kadis Kominfotik Tribudi Prayitno, Sekretaris Dinas Fairuz Abadi dan beberapa Kepala Bidang Diskominfotik NTB

 Stand IE menghadirkan, Toko Tani Dinas Ketahanan Pangan NTB, Pemeriksaan gratis oleh Fakultas Kedokteran Unizar, DASI NTB, Aneka Kuliner yang disugihi di carfreeday Udayana Minggu pagi.

Menyemarakan IE ini, diiringi Hanan Solois gitar, SMKN 2 Mataram, Youlanda dan atraksi salasatu Atlit Taekwondo Unizar Mataram. (Edy)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru