Anak Putus Sekolah Pamer Karya

Siapa yang menyangka, remaja berseragam hijau dan batik merah yang memenuhi Inspiratif Expo pekan ke-20 kemarin adalah remaja terlantar, putus sekolah, dan rentan akan permasalahan sosial dari Balai Sosial Bina Remaja Karya NTB (9/9).

Pasalnya, pada gelaran rutin Dinas Kominfotik NTB tersebut, juga dipenuhi oleh berbagai karya. Dari pameran busana, makanan, demo pijat gratis, hingga demo merakit motor bekas. Semuanya dimotori oleh anak didikan  BSBR Karya Mandiri NTB.

BSBR Karya Mandiri NTB yang merupakan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) di bawah Dinas Sosial Provinsi NTB, rupanya telah membuktikan bahwa para remaja terlantar, putus sekolah, dan rentan akan permasalahan sosial masih memiliki masa depan.

"Di BSBR Karya Mandiri NTB, anak-anak diajarkan berbagai macam skill. Dari tata boga, tata busana, mekanik, dan kecantikan yang nantinya dapat dijadikan bekal untuk hidup mandiri di masyarakat," jelas Kasniah salah seorang pengajar di BSBR Karya Mandiri mewakili Kepala BSBR Karya Mandiri, Wahyu Hidayat, "Dan semuanya gratis!" imbuhnya.

Lebih jauh Kaniah menuturkan, hasil didikan BSBR NTB terbukti banyak mendapatkan pekerjaan di bidang masing-masing. Bahkan tak jarang, lulusan BSBR NTB justeru memiliki usaha sendiri sehingga membuka pekerjaan bagi teman-temannya yang lain.

Anak didikan BSBR Karya Mandiri tak hanya dibekali dengan skill yang memadai, kepercayaan diri mereka juga terus diasah melalui berbagai macam pelatihan yang sifatnya seperti ekstrakulikuler. 

Alhasil, BSBR Karya Mandiri juga menampilkan beberapa pertunjukan. Seperti stand up comedy, tari-tarian tradisional, dan kasidah yang semuanya berhasil mewarnai pergelaran Inspiratif Expo. (novita-tim media)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru