Lima Pemuda Pelopor Lotim Menuju Provinsi

KM. Pohgading Timur – Setelah melakukan penilaian yang dilakukan oleh dewan juri pemilihan pemuda pelopor Lombok timur selama empat hari yang lalu, yang dipersiapkan untuk mewakili ajang pemilihan pemuda pelopor tingkat provinsi Nusa Tenggara Barat yang akan dilakukan pada bulan agustus yang datang. Dewan juri pemilihan pemuda pelopor Lombok timur yang di damping oleh panitia pelaksana yaitu kabak pemuda dalam melakukan penilain ini sangan obyektif sesuai denagan apa yang ada di lapangan dan dewan juri dalam penilaiana pemilihan pemuda pelopor ini tidak memiliki kepetingan apapun dari peserta kecuali hanya untuk menggali bakat pemuda pelopor Lombok timur yang benar adanya.

Adapun hasil rapat yang sudah kami lakukan selaku dewan juri pemilihan pemuda pelopor Lombok timur adalah sebagai berikut, pada bidang pendidikan nominasi juara satu dan berhak melanjutkan pemilihan pemuda pelopor provinsi adalah saudara M. Tajudin Subeki dimana pemuda ini sangat gigih membatu warga kesik dan sekitarnya dalam mewujutkan program pemerintah yaitu satu desa satu PAUD. Saudara subeki ini menghibahkan rumah dan tanannya untuk mendirikan sebuah lembaga PAUD di desa kesik kecamatan masbagik. Kepeloporan yang seperti ini mungkin tidak ada orang atau pemuda yang akan merekkan rumah dan tananhya untuk kepetingan umum pada saat ini.

Pada bidang Keagaan, Sosial Budaya dan Bela Negara di raih oleh saudara Lukman Hadi Irawan yang berasal dari desa seruni Mumbul kecamatan Pringgabaya, pemuda yang memiliki anak satu ini memberanikan dirinya untuk merubah prilaku pemuda yang ada di desa seruni mumbul dan sekitarnya dengan cara mengumpulkan pemuda dan memperdayakan pemuda yang ada dsekelilingnya agar tidak melakukan hal-hal yang merugikan dirinya maupun orang lain, ejekan dan cemohan mingkin sudah biasa diterima karena prilaku social yang dilakukan oleh pemuda ini demi mencimpatak suasan yang aman, dami dan tetndram dalam hidup bermasyarak.
Pada bidang Pengelolaan Sumberdaya Alam di raih oleh saudari Nurul Hikmah yang berasal dari desa gelora kecamatan sakra, pemuda ini memberanikan dirinya untuk mengelola sampah plastik yang ada di desanya dan pasar-pasar terdekat guna memperdayakan teman-teman sebaya bahkan para orang tua yang tidak memiliki pekerjaan di bina untuk mengelola sampah plastic menjadi sebuah karya yang sanagat luar biasa yaitu Bonsai Plastik. Pengelolaan ini lakukan hanyalah untuk membatu pemerintah mewujudkan Indonesia bebas sampah pada tahun 2020. Kegiatan yang dilakukan adalah sangat luar biasa karena sekarang sudah jarang para pelajar yang sudah taman sekolah tidak bekerja karena pemngelolaan sampah plastic yang dilakukanoleh saudara hukmah.
Pada bidang Pangan diraih oleh salah seorang dosen di univesitas Hamzanwadi yaitu Wawan Muliawan dimana pemuda yang keseharianya dosen ini berani membangkitkan usaha kerupuk kulit yang sudah lama mati dari kake neneknya dan dilanjutkan lagi oleh kedua orang tunya dan sekarang di langsungkan oleh saudara wawan muliawan. Perkembangan pelestarian usaha keluarga yang digelutinya sekarang sudah dirasakn oleh warga Lendang Bedurik kecamatan selong dimana saudara wawan sudah memberi pekerjaan kepada ibu rumah tangga yang tidak memiliki pekerjaan, seiring berkembangnya usah kerupuk kulit ini sekarang bukan hanya di kabupaten Lombok timur saja akan tetapi dari beberapa daerah di Indonesia sudah memesan krupuk yang diolah oleh saudara wawan.

Pada bidang Inovasi Teknologi ini diraih oleh salah seorang mahasiswa yang keseharinya hnyalah bergelut di bidang elektronik dan rekasaya perangkat lunak komputer yaitu saudara Harry Sunaryo yang berasal dari desa tanjung kecamatan Labuan haji, pemuda ini yang paling muda dari semua peserta yang melanjutkan pemilihan pemuda pelopor ke tingkat provinsi, adapun alat yang dibuat adalah tong sampah  otomatis dimana ketika seseorang akan membuang sampah tongsampah ini secara otomatis akan terbuka dan ketika sampah sudah sampai dalam tong sampah maka tong sampah ini akan tertutup secara otomatis juga. Selain itu sudah banyak aplikasi-aplikasi yang di buat dan gunakan oleh orang serta bisa ditemukan pada play store hand pone androit.
Harapan dewan juri setelah terpilihnya pemuda pelopor Lombok timur ini semoga bisa mewakili Lombok timur di tingkat provinsi dan tingkat nasional seperti tahun-tahun yang lalu karena pemuda pelopor Lombok timur wajib hukumnya mewakili provinsi NTB ke pemilihan pemuda tingkat nasional dan membawa hasil yang sangat memuaskan
By: Badri_asa

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru