Walikota Mataram Hadiri Ultah HAKLI

Suasana hening taman Sangkareang Minggu pagi, berubah riuh bergetar. Dentum alat perkusi dari sampah anorganik terdengar menghentak, membuat suasana pagi menjadi bergairah. Music perkusi tersebut dimainkan oleh kelompok Krisan Percusion, arahan Pembina Satgas Kawis Krisant Aisyah Odist dari Bank Sampah Ampenan NTB. Kelompok perkusi yang terdiri dari anak-anak muda usia belasan ini dipimpin oleh Syarif Hidayatullah. Kelompok ini tampil membuka kegiatan Hari Ulang Tahun Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) ke 38 di Kota Mataram.

Ketua panitia kegiatan Ultah HAKLI, Pathiatul Hasanah, SKM menjelaskan bahwa HAKLI merupakan organisasi profesi kesehatan lingkungan yang menjadi wadah aspirasi semua lulusan kesehatan lingkungan di Indonesia dan disiplin ilmu terkait yang berminat dalam bidang kesehatan lingkungan.  

Lebih lanjut, Pathiatul Hasanah mengatakan bahwa HAKLI menjadi wadah pemersatu profesi kesehatan lingkungan dari latar belakang pendidikan, lapangan kerja, posisi, peran, dan jalur peminatan menjadi satu kesatuan jejaring fungsional dengan keahlian kesehatan lingkungan.

Menurut Pathiatul, HAKLI bertujuan meningkatkan sumber daya para anggotanya dalam mengabdikan keprofesionalannya mengembangkan kesehatan lingkungan. Saat di tanya kapan organisasi HAKLI berdiri, Pathiatul menjelaskan bahwa organisasi profesi ahli kesehatan lingkungan ini berdiri sejak tanggal 12 April 1980.

Dengan mengusung tema “Majulah HAKLI Indonesia bersatulah HAKLI Indonesia” Ultah HAKLI ke 38 di Mataram tahun ini terbilang meriah. Beberapa jenis kegiatan seperti senam bersama, lomba mewarnai bertemakan lingkungan untuk anak, lomba kreasi kerajinan barang bekas seperti plasik, kaleng, dan lain-lain, untuk anak serta silaturrahmi keluarga besar HAKLI menjadi kegiatan yang meramaikan Ultah tersebut. Selain perkusi, Tari Bali juga memeriahkan event pertama HAKLI tersebut.

Ultah HAKLI tersebut dihadiri Kadis Kesehatan Kota Mataram (H. Usman Hadi), Ketua bidang 1 HAKLI propinsi NTB (Dewa Gde Oka. Wiguna SKM, MKes). Dalam sambutannya, Gde Oka menyampaikan terima kasih kepada panitia serta mengajak seluruh anggota HAKLI untuk terus berkontribusi bagi pembangunan kesehatan lingkungan. Dalam kesempatan tersebut, hadir pula oleh Plt. Walikota Mataram, H Mohan Roliskana.

Dalam sambutannya, H. Mohan Rolisakan yang biasa dipanggil Bang Haji memberikan apresiasi kepada HAKLI sebagai organisasi profesi kesehatan atas peran sertanya meningkatkan kualitas kesehatan di Kota Mataram.

“Bapak dan Ibu semua yang terhimpun dalam profesi organisasi HAKLI telah berkhidmat selama ini dan terus memberikan penguatan terhadap kualitas kesehatan masyarakat kita. Ini baru pertama kali dilaksanakan mudah-mudahan di tahun berikutnya terus berlanjut. Saya mengapresiasi panitia Ultah ini, kedepan bisa melibatkan masyarakat dalam lingkup yang lebih luas lagi kelipatannya. Saya berharap bisa terus memotivasi Bapak dan Ibu semuanya dalam rangka kita berbuat kebaikan dan kemanfaatan bagi orang lain. Ultah ini harus  menjadi momentum yang baik bagi kita. Untuk terus berkhidmat bagi kebaikan masyarakat, meningkatkan kualitas secara kelembagaan, meningkatkan profesionalitas,  meningkatkan standar kompetensi kepada ahli-ahli kesehatan kita dalam memberikan kontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat.“ kata Mohan di depan puluhan anggota HAKLI yang hadir di panggung utama taman Sangkareang pagi tadi.

Lebih lanjut, Mohan mendorong para anggota HAKLI agar terus berupaya meningkatkan daya saing dalam rangka terus berkompetisi dalam kehidupan yang semakin hari semakin Kompleks.

Usai acara, Mohan berkesempatan menijau para peserta lomba yang berada di sisi timur lapangan Sangkareang.

Acara yang bertujuan memperkenalkan HAKLI kepada publik, mempererat tali persaudaraan antar anggota HAKLI, serta meinngkatkan kesadaran dan kecintaan terhadap lingkungan ini diakhiri  dengan pembagian hadiah kepada para peserta lomba.

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru