KSB Sukseskan Tambora Run Challenge

Festival Pesona Tambora (FPT) adalah even tahunan yang di gelar oleh kabupaten Dompu untuk mengenang letusan gunung berapi yang terdasyat di dunia pada tahun 1815, letusan dasyat tersebut juga di tetapkan sebagai hari ulang tahun kab. Dompu yang jatuh pada tanggal 11 April.

FPT 2018 ini adalah even yang ke 4 dan Hut kab. Dompu yang ke 203. FPT 2018 kini telah siap di gelar mulai tanggal 9 - 11 April 2018 mendatang, namun rangkaian acara yang memeriahkan FPT tersebut telah mulai dilaksanakan diberbagai daerah di pulau sumbawa sejak 1 April lalu.

Gunung Tambora memiliki ikon yang sudah mendunia. keindahan dan eksotisme gunung tambora sudah di akui dunia, tak heran jika perhelatan festival tahunan ini menyedot perhatian wisatawan dari berbagai negara. Yaitu kaldera raksasa. Kaldera ini terbentuk pasca letusan dahsyat Gunung Tambora tahun 1815 lalu. 

Kaldera ini menjadi salah satu yang paling diminati wisatawan domestik maupun mancanegara.karena value kaldera raksasa ini cukup tinggi. Sebab, tidak semua taman nasional memilikinya. Rugi rasanya kalau sudah jauh-jauh ke Tambora tapi melewatkan peluang keajaiban alam yang satu ini.

Dari hal itulah kabupaten Sumbawa Barat ambil bagian dalam mempersiapkan diri untuk menjadi daerah pertama yang di injak oleh turis dari berbagai negara yang ingin menjajakan kaki ke FPT 2018 tersebut.
Kabupaten Sumbawa Barat adalah kabupaten pertama yang menjadi gerbang pulau sumbawa. Bagi turis atau wisatawan yang ingin mengunjungi Festival Pesona Tambora khususnya yang menempuh jalan darat, maka kabupaten yang pertama kali akan di lalui adalah Sumbawa Barat, sejumlah atraksi budaya dan even yang diperlombakan untuk mendukung meriahnya pelaksanaan FPT, beberapa rangkaian acara tambora menyapa dunia di adakan di KSB dan Sumbawa, selain memeriahkan FPT kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan budaya dan ciri khas Pulau Sumbawa kepada Dunia.

Untuk memanaskan FPT 2018, berbagai even telah digelar seperti Tano Festival, barapan ayam, pentas seni, pameran ekonomi kreatif, dialog Budaya dan Pameran serta beberapa lomba dan sport.
Konsep sport tourism juga semakin ditegaskan dengan Tambora Challange dengan rute lari sepanjang 320 kilometer yang telah di adakan di KSB pada Rabu (04/04) beberapa waktu lalu, Kegiatan Tambora Challange merupakan salah satu rangkaian dari festival Tambora Menyapa Dunia yang puncaknya akan dilaksanakan di Desa Doro Ncanga Kabupaten Dompu.

Tambora Challenge yang mengambil start dari Sumbawa Barat tersebut di lepas oleh Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W. Musyafirin, M.M di depan Puskesmas Poto tano Kecamatan Poto Tano pada pukul 15.00 WITA. even yang berstatus Internasional ini akan finis di doro ncanga kabupaten Dompu, di ikuti oleh pelari dari beberapa negara seperti malaysia dan australia serta beberapa pelari dari luar NTB, Tambora Challenge melibatkan 50 atlet lari. meski hujan deras mengguyur lokasi pelepasan tambora challenge namun peserta lari tetap semangat untuk berkompetisi sampai finis ke doro ncanga.

"saya berharap di tahun depan bisa di balik lagi, star nya dari sana dan finisnya di Sumbawa Barat, untuk lari ini kita sudah siapkan jalan yang bagus, seperti di bukit mantar yang menjadi pusat paralayang yang memiliki view yang bagus. saya pikir ini sebagai ikhtiar kita bersama dalam rangka mengenalkan potensi yang ada di pulau sumbawa, Tambora kan sudah dikenal dunia,
bila perlu kita satukan even di Dompu dengan di Sumbawa Barat, jadi bisa kita integrasikan dengan even yang ada di sumbawa barat namun judul nyatetap Festival Pesona Tambora,"ucap Bupati

Bupati yang di dampingi oleh wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin, ST, Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Mustofa, SIK, Kepala Bank NTB, beberapa Kepala OPD juga melepas peserta Poto Tano Run 2018 yang berlari sampai tugu perbatasan Kabupaten Sumbawa Barat dengan Kabupaten Sumbawa. Poto Tano Run ini berjarak 5K dan 8K dengan jumlah peserta sebanyak 250 orang yang berasal dari berbagai daerah luar KSB.

Menu internasional lainnya yang akan di laksanakan pada Festival Tambora ini adalah surfing di Pantai Lakey kab. Dompu. Peserta event ini juga dari beberapa negara. Mereka akan bersaing unjuk skill, sekaligus menikmati keragaman dan pantai di Sumbawa yang unik, rugi rasanya jika kita tidak ikut memriahkan dan ikut menyaksikan Festival Tahunan yang bertaraf Internasional ini.(KominfoFer/Rangga)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru