Musim Tanam, Musim Berburu Jamur..

KM LENGGE,- Musim tanam telah tiba aktivitas petani yang sempat vakum karena musim kemarau akhirnya berakhir. Dipertengahan musim hujan awal tahun 2018 ini para petani di Kecamatan wawo sudah mulai terlihat sibuk. Masyarakat beberapa bulan ini terlihat sibuk di sawah dan ladang masing masing.

 

Melihat aktivitas yang dilakukan petani di beberapa tempat dapat dipastikan bahwa petani akan menanam padi pada musim hujan kali ini. Kebiasaan pada awal musim hujan petani di tempat kami rata-rata menanam padi disawah karena menanam padi di awal akan memberikan penyegaran pada tanah. Untuk musim tanam tahun ini Kecamatan Wawo Selain menanam padi, beberapa bulan sebelumnya para petani sudah menanam jagung diladang.

 

Ada sebuah moment seru yang biasa dilakukan oleh warga disini ketika musim tanam/musim penghujan tiba, yaitu berburu jamur, musim jamur adalah saat yang paling ditunggu,apalagi oleh anak anak kampung di kecamatan Wawo,jamur biasanya tumbuh di semak semak dipinggiran pagar ladang atau dipematang pematang sawah yang sedikit lembab. sembari mengurus sawah dan ladangnya waktu luang beristirahat bisa digunakan untuk mencari jamur.

 

Para remaja dan anak anak adalah yang paling antusias mencari jamur, mereka biasanya menggunakan hari libur sekolah untuk menyusuri persawahan persawahan dan pinggiran ladang, mereka biasanya berkelompok, jamur yang didapat biasanya langsung dikonsumsi di sawah dan ladang mereka, menikmati pepes jamur setelah lelah bekerja disawah masing masing adalah kenikmatan yang sangat luar biasa.

 

Selain dikonsumsi sendiri jamur yang didapat oleh sebagian anak anak kampung juga dijual untuk tambahan uang belanja mereka, berdasarkan penjelasan dari sebagian warga kecamatan Wawo, jamur yang didapat di sawah dan ladang ini berbeda dengan jamur yang dibudidayakan dan dijual dipasar, jamur ini memiliki rasa yang lebih nikmat dan aroma khas yang menarik selera makan.

 

 

Sesuai dengan pengamatan kami dari jamur yang didapat oleh anak anak di persawahan sekitar desa Maria dan desa Pesa, jamur yang tumbuh ini adalah dari jenis Suung bulan yang bahasa latinnya Gymnopus sp, jamur jenis ini belum dibudidayakan, hidup pada musim penghujan dengan ciri ciri tudung berwarna putih kecoklat coklatan. ()

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru