Sudahi Konflik Antar Masyarakat

Ketentraman merupakan sebuah dambaan tiap warga masyarakat, untuk mencapainya hubungan sosial antar anggota yang terdapat dalam sebuah lingkungan itu mampu berlangsung secara teratur, dan tiap-tiap individu patuh terhadap aturan dan norma yang berlaku.

Jika sebaliknya bila norma itu menyimpang keluar dalam aturannya, maka hubungan sosial akan terganggu dengan munculnya konflik-konflik ditengah masyarakat.

Seperti insiden yang baru saja terjadi bentrok antar warga Lingkungan Taliwang dan Monjok Kota Mataram pada Minggu malam (21/1) yang lalu.

Dikutip dari tribratanews.ntb.polri.go.id, bentrok tersebut dipicu dari saling laser dan menyalakan kembang api yang dilakukan antar kedua lingkungan. Kedua lingkungan membunyikan kembang api sejak Sabtu malam yang berlanjut dengan penutupan jalan dari sebelah timur dan barat.

Warga kedua kampung keluar mempersenjatai diri dengan senjata tajam. Emosi pun memuncak sehingga terjadi bentrokan yang tak dapat dikendalikan. Sekitar 18 orang warga dari kedua Lingkungan tersebut mengalami luka – luka akibat bentrok.

Kejadian tersebut tentu bukan cerminan masyarakat indonesia yang patuh terhadap ideologi pancasila dalam sila ke- 3 persatuan Indonesia. Rakyat Indonesia diminta untuk bersatu bukan malah berseteru.

Jangan mudah terpengaruh akan bahasa provokasi yang akan menyulut emosi. Kita lahir untuk menjadi kesatuan di dalam sebuah perbedaan. Mari saling membahu untuk indonesia yang lebih maju! (ahn)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru