Pantai Pondok Kerakat Menyita Perhatian

KM. Pohgading Timur – Kinerja dan kreatifitas pemuda Desa Pohgading Timur pada umumnya dan ASA Community pada khusunya dalam membangun objek wisata Pantai Pondok Kerakat mulai menyita perhatian dari berbagai kalangan. Hal itu menyebabkan Wisata Pantai Kerakat memiliki peluang besar untuk berkembang menjadi objek wisata yang besar, lebih-lebih setelah dibentuknya Pokdarwis sebagai media membangun komunikasi remi dengan berbagai kalangan.

Keseriusan dan kerja keras pemuda Desa Pohgading Timur yang tergabung dalam ASA Community selaku inisiator terbentuknya Pokdarwis Pondok Kerakat mulai memanen buah dari kerja keras mereka yang tidak kenal siang dan malam untuk membuat spot-spot poto dan mengemas area Pantai Pondok Kerakat, memperomosikan segenap kegiatan dan destinasi yang dikembangkannya melalui blog Kampung Media NTB dan media sosial lainnya serta membentuk Pokdarwis. Langkah-langkah yang telah dilakukan oleh komunitas kecil itu ternyat dapat menyita perhatian berbagai kalangan.

Munculnya Pokdarwis Pondok Kerakat mendapatkan sambutan yang serius dari berbagai pihak. Bagaimana tidak, dalam jangka kurang dari satu bulan Pantai Pondok Kerakat Sukamulia Desa Pohgading Timur yang mereka kelola terlihat cukup melejit, terbukti dengan banyanya pengunjung dari luar Desa Pohgading timur dan menjamurnya para pedagang yang membuka lapak dagang di sepanjang pantai itu.

Tidak hanya itu, kemunculan Pokdarwis yang akan dikukuhkan pada hari Sabtu mendatang (27 Januari 2018) menyita perhatian Kepala Dinas Pariwisata Lombok Timur, Pemerintah Desa dan masyarakat setempat, serta beberapa pengelola wisata (Pokdarwis) wilayah Lotim lainnya. Perkembangan Wisata Pondok Kerakat tergolong melejit sehingga area pantai berpasir besi itu seolah-oleh disulap seketika. Hanya membutuhkan waktu satu minggu untuk memperomosikan destinasinya, pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Lebih-lebih pada hari minggu.

Kepala Dinas Pariwisata sendiri menyatakan keseriusannya untuk mendampingi Pokdarwis Pondok Kerakat membangun objek wisata tersebut. “Saya sangat menyayangkan jika pantai ini tidak dikelola, yang padahal pantai ini memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan menjadi objek wisata. Syukurnya, Asri beserta kawan-kawan punya inisiatif untuk memulai pembangunan serta promosinya dan membentuk Pokdarwis untuk mengelolanya”, ujar H. Mohammad Juhat saat mensosialisasikan wacana Pembangunan Pantai Pondok Kerakat (18/01/2018).

“Kami dari Dinas Pariwisata Lombok Timur akan terus mengawal Pokdarwis Pondok Kerakat untuk membangun objek wisata yang kita miliki ini. Saya juga akan terus berkoordinasi dengan Pemerintah Desa dan segenap masyarakat Desa Pohgading Timur sehingga ke depannya Pantai Pondok Kerakat bisa berkembang menjadi objek wisata yang dikunjungi oleh wisatawan lokal, regional bahkan internasional”, tegas sosok bersahaja yang belum satu tahun mengampu jabatan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Timur itu.

Hal itu adalah bukti bahwa Dinas Pariwisata Lotim betul-betul terpikat untuk membangun objek wisata Pondok Kerakat sebagai bagian dari pesona wisata Lombok.

Belum genap satu bulan dirintis, Pantai Pondok Kerakat menyita perhatian para pedagang sehingga mereka berbondong-bondong membangun lapak dagang di sekitar area pantai. Hingga hari Jum’at (19/01/2018) sudah ada 38 orang warga Desa Pohgading Timur dan warga desa lain yang mendirikan lapak di sana. Antusias para pedagang untuk berjualan itu merupakan pendukung besar untuk berkembangnya objek wisata yang satu ini.

Tidak hanya itu, Pondok Kerakat juga menyita perhatian pokdarwis sekitar, misalnya Pokdaris Desa Mekarsari dan Pokdarwis Desa Anggaraksa. Jum’at (19/01/2018) Amat dan salah seorang temannya mengelola Pokdarwis Desa Mekarsari Kecamatan Suela serta Rusliruddin (pengurus Pokdarwis Desa Anggaraksa) berkunjung ke Pondok Kerakat. Kepada Ketua Pokdarwisa Pondok Kerakat mereka menyatakan bahwa kedatangan mereka bertujuan untuk belajar mengelola wisata, terutama dalam masalah promosi.

“Jujur, kami memang sudah lama berdiri dan banyak sekali destinasi wisata yang telah kami kemas. Hanya saja, kami masih sangat kurang dalam masalah promosi. Dengar-dengar, side baru saja membumingkan Pantai Pondok Kerakat dan itu bisa mendatangkan banyak pengunjung dan bahkan banyak orang yang berjualan di sana. Nah… sebab itulah kami ke sini untuk belajar cara memperomosikan wisata yang kami kelola”, ungkap Amat kepada Asri.

Pernyataan di itu juga merupakan salah satu bukti bahwa Pondok Kerakat sudah menyita perhatian berbagai kalangan dan harapan ke depannya, semoga Pantai Pondok Kerakat semakin maju dalam meramaikan dunia wisata Lombombok.

_By. Badri_

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru