Kopi NTB Mulai Dilirik Warga Asing

Nusa Tenggara Barat (NTB) merupakan salah satu daerah yang kaya akan sumber daya alam. Salah satunya adalah kopi. Kopi NTB dengan citarasa yang unik dan menarik, kini tidak hanya diminati oleh warga lokal saja, akan tetapi mancanegara pun melirik kopi NTB. Daerah yang di diami oleh dua suku besar (Pulau Lombok dan Sumbawa) ini memiliki beragam jenis kopi.


Di dua pulau ini, memiliki jenis kopi tersendiri dengan aroma yang khas. Misalnya saja, di Bima dan Dompu ada kopi Tambora, di Sumbawa ada kopi Tepal, begitupun di pulau Lombok. Pulau Lombok pun memiliki beragam jenis kopi, salah satunya adalah kopi dari desa Gangga.

Desa Gangga kabupaten Lombok Utara dengan jenis kopinya yang khas, akhir-akhir ini berhasil menyita perhatian arga asing. Salah satunya adalah warga Korea Selatan. Warga Korea Selatan melirik kopi asli Gangga karena kopi dari desa Gangga merupakan salah kopi rabusta terbaik. “Sekitar Mei  tahun ini kami akan mengirim kopi ini (kopi desa Gangga) ke Korea Selatan,” ujar Rachmat Wira Putra selaku kepala Seksi Ekspor Dinas Perdangan NTB, seperti yang dikutip di Lombok Post, (18/01/18).

Selain warga Korea selatan, ternyata Afrika dan Mesir juga tertarik dengan hasil alam NTB ini, namun kedua negara tersebut tertarik dengan jenis kopi Arabika. “Kalau Asia sukanya kopi robusta, sementara Eropa, Australia, dan Afrika lebih condong ke arabika,” jelasnya seperti yang dikutip di Lombok Post, (18/01/18).

Melihat peluang tersebut, UKM kopi Rinjani siap mengexpor kopi jenis tersebut. Pemilik UKM Kopi Rinjani Lombok membenarkan ada tawaran dari pihak luar (Mesir) untuk mengirim jenis kopi arabika tersebut.

(Hamjah Diha)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru