Diskominfotik NTB Gelar Pelatihan Gaya Bahasa Dan Tata Bahasa

Mataram,- Untuk memperkaya khasanah berbahasa dan meningkatkan kompetensi kejurnalistikan, Tim Media  dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Propinsi Nusa Tenggara Barat, menggelar kegiatan pelatihan penggunakan bahasa dan tata cara berbahasa dalam penulisan barita dan berkomunikasi, Jumat (12/1/2018), di Gedung Kinerja Kantor Dinas Kominfotik NTB.

Pelatihan ini, menghadirkan tutor dari Kantor Bahasa Provinsi NTB, Kasman, S. Pd., M. Hum. Kasman memberikan materi untuk meningkatkan kompetensi dan menambah wawasan pengetahuan terkait tata bahasa dan gaya bahasa dalam penulisan berita bagi Tim Media dan pengawai Dinas Kominfotik NTB.


Dalam tutorialnya, Kasman, S. Pd., M. Hum menjelaskan bahwa bahasa jurnalis merupakan bahasa sederhana. Berbeda dengan bahasa seorang dosen atau guru. Bahasa jurnalis harus bahasa yang umu dan dikenal oleh masyarakat.

 

“Bahasa jurnalis tidak boleh bersifat umum, bahasanya harus dipahami oleh masyarakat.Kita harus hindari bahasa ganda. Dalam ilmu bahasa itu termasuk keliru,” ujar Kasman.

 

Jurnalistik harus menghindari bahasa teknis seperti istilah lingustik. Bahasa jurnalis merupakan bahasa untuk berkomunikasi dengan masa.  Bahasa yang tidak bertele-tele dan foukus.


ASN Dinas Kominfotik NTB antusias mengikuti pelatihan bahasa. Kepala Dinas Diskominfotik Provinsi NTB Tri Budiprayitno, Kabid IKP Fairuz Abadi, Kabid Persandia dan LPSE, H. Mahmud AKS, M. Si, Kepala Balai ITE Abel Samsul Hatuna,S. Pi., MM dan seluruh Kepala Seksi dan Kasubag Diskominfotik Provinsi NTB mengikuti kelas tutor pelatihan dengan serius. [Edy]

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru