TGB Terima Penghargaan Dari KPK

Tangal 12 Desember 2017  merupakan hari bersejarah bagi warga Nusa Tenggara Barat. Kenapa tidak?, di hari Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (HAKORDIA) itu, Dr. Muhammad Zainul Majdi selaku Gubernur NTB menerima penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Di tengah warga Indonesia sibuk membicarakan isu korupsi e-KTP yang melibatkan beberapa tokoh penting di Republik ini, malah TGB menerima penghargaan Nasional terbaik tentang kepatuhan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) terbaik tahun 2017.


Gubernur yang akrab disapa TGB itu, dinilai oleh Lembaga Anti Risau telah cakap dalam mempersempit ruang korupsi di lingkup daerah yang ia pimpin. TGB telah berhasil  merumuskan Peraturan Gubernur (Pergub) yang mempersempit ruang korupsi. Pergub tersebut, yakni Pergub nomor 27 tahun 2017 tentang LHKPN di lingkup pemerintah Provinsi NTB, wajib lapor.

Selain itu, TGB juga menginisiasi pakta integritas dan ketentuan bahwa salah satu persyaratan untuk menduduki jabatan tertinggi, administrator, dan pengawasan di lingkup pemerintah provinsi NTB wajib menyerahkan bukti LHKPN. Untuk menjalankan Pergub itu, TGB berkoordinasi dengan pihak yang berwajib (aparat penegak hukum) untuk melakukan pembinaan dan pengawasan seluruh kegiatan pembangunan.

Penghargaan  tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI, H. M. Yusuf Kalla kepada Gubernur NTB yang diwakili oleh Kepala BKD Provinsi NTB, H. Faturrahman.

Selain menganugerahkan penghargaan nasional “Kepatuhan LHKPN terbaik nasional tahun 2017,” KPK juga memberikan penghargaan kepada pemerintah NTB karena Lembaga Anti Risau itu menilai bahwa NTB telah aktif melakukan koordinasi/pengelola LHKPN yang tinggi.

 

Sumber

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru