Bank Suara AJI Mataram Disambangi Menkominfo RI

Stand Bank Suara Aliansi Jurnalis Independet (AJI) Mataram disambangi oleh Menteri Kominfo RI, Rudiantara di Festival Media (Fesmed) Aliansi Jurnalis Independen (AJI) ke 10 di Solo (23/11). Dalam kunjungannya ini, Menkominfo mengkampanyekan virus Anti “Hoax” kepada masyarakat melalui Bank Suara yang juga mengusung tema serupa.

“Ayo jadikan diri kita masyarakat yang pintar memanfatan media sosial, mampu memilih dan memilah konten yang positif,” imbuh menteri yang kelahiran Bogor Jawa Barat ini.

Sekretaris AJI Mataram, Sirtupilllaili menjelaskan, Bank Suara merupakan cara baru dalam kampanye anti hoax. Semua audio yang terekam akan disebarkan melalui aplikasi Sound Cloud. Secara khusus, file rekaman itu akan diberikan kepada kaum difabel di handphone masing-masing.

”Dengan konsep ini mereka akan lebih memudah meresapi dan memahami kampanye anti hoax,” katanya.

Tidak hanya mengkampanyekan Anti Hoax, Rudiantara beserta Staf Ahli Presiden, Robert Theodore juga membaca puisi berjudul Angin karya Nur Atimah dan direkam juga di Bank Suara. di Bank Suara AJI Mataram.

Penggagas Bank Suara Fitri Rachmawati menjelaskan, Bank Suara bertujuan meningkatkan minta baca, sekaligus menghidupkan budaya baca, tulis dan tutur. Selain itu, para penyumbang suara juga turut membantu kaum difabel yang kurang beruntung.

”Terutama para penyandang tuna netra yang belum bisa membaca braile, kesulitan mendapatkan bahan bacaan,” tandas Ketua AJI Mataram ini.

Par donatur suara bisa menyumbangkan suaranya melalui rekaman langsung di kantor Bank Suara, bisa juga dikirimkan melaui email banksuaralombok@gmail.com. Suara yang disumbangkan bisa berupa dongeng, buku bacaan inspiratif, puisi dan lainnya. Tapi Bank Suara tidak menerima suara yang berbau SARA, melanggar norma kesusilaan, dan sebagainya. (nov)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru