Harapan Baru Para Petani

KM. Pohgading Timur – Peristiwa alam yang sangat alami dan memang benar terjadi dengan ditandi berbunganya pohon mimba akan memberikan suatu harapan baru bagi para petani yaitu hujan akan segera turun yang akan menyirami lahan pertanian, selain itu sumber air yang lebih banyak untuk kelangsungan hidup manusia yang ada di muka bumi. Khususnya para petani yang ada di dusun Sukamulia desa Pohgading Timur kecamatan Pringgabaya, akan memulai pergi kelahan pertanian yang sudah kering atau lahan perkebunan yang tidak produktif guna dibersihkan untuk persiapan musim hujan yang segera akan turun setelah berbunganya pohon mimba.

Sejak dahulu, para petani yang ada di dusun Sukamulia desa Pohgading memnag mepercai kejadian alam ini dengan berbunganya pohon mimba pasti kemarau akan segera berhenti karena hujan akan segera turun. Adapun macam hujan yang akan turun setelah pohon mimba ini adalah hujan embas-embas. Hujan ini dinamakan hujan embas-embas karena hujan pertama kalinya akan menumbuhkan semua rumput yang sudah menglami masa dormansi dilahan yang sudah dibersihkan oleh para petani, hujan embas-embas ini hanya beberapakali saja turunya setelah itu berhenti dan para petani kembali akan mempersiapkan lahanya kembali agar mereka bisa bercocock tanam lagi.

Setelah hujan ini selesai, akan muncul hujan selanjutnya, yakni  hujan penghidup kedewa, kenapa dinamakan demikian karena pada hujan ini hewan musiman yang di sebut kedewa akan tumbuh dan berkembang sampai satu bulan lamanya hidup dan mereka akan mati ketika hujan turun lagi, kehidupan kedewa hanyalah sementara hewan ini hidup di pohon-pohon yang ada di perkebunan maupun di sawah-sawah.

Selama berbunya pohon mimba ini hujan masih tidak terlalu sering, hujan akan lebat dan sering turun di dalam sehari bisa tiga samapai empatkali ketika pohon mimba ini sudah berbuah dan buahnya matang sampai buahnya habis hujan akan tetap turun dan sampai akhirnya air di bawah tanah cukup tersedia sampai musim hujan yang akan datang dan para petani sejahtra selam masih banyak air yang ada tersimpan. Para petani akan memulai kehidupanya dengan bercocok tanam di sawah maupun ladang yang mereka punya sampai simpanan air yang didalam tanah berkurang bahkan habis.

Melihat peristiwa alam ini yang memang benar terjadi makanya para petani di dusun Sukamulia desa Pohgading Timur kecamatan Pringgabaya sudah benar-benar meperhitungkan dan mepersiapkan apa yang akan mereka budidayakan di lahan mereka yang sudah kurang berproduksi dikarenakan kekeringan yang sudah lama melada para petani.

Bahkan para petani yang ada di dusun Sukamulia sudah tau bahwa hujan akan lebat diperkirakan bulan Desember karena pada bulan itu buah mimba sudah mulai matang dan akan berjatuhan.

By:Badri_asa

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru