Alumni Al Azhar Gelar Konferensi dan Multaqa Nasional di Mataram

Mataram --- Islamic Center (IC) Hubbul Wathan NTB memang tak pernah sepi dari pengunjung. Setiap hari, destinasi baru wisata halal ini, selalu ramai dikunjungi, tak hanya orang yang menunaikan shalat lima waktu, namun para pelancong dari berbagai negara juga menyempatkan diri untuk datang dan berselfie dengan latar belakang kemegahan IC.

Beberapa hari ini, tepatnya dua hari yang lalu, IC Hubbul Wathan bertabur berkah. Ratusan ulama datang dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka berdatangan guna menghadiri Konferensi Multaqa Nasional IV Alumni Al-Azhar. Kegiatan ini akan berlangsung hingga empat hari kedepan. Kehadiran para ulama alumni Universitas Islam terbesar di mesir ini, membahas tentang “Moderasi Islam”. Materi ini bertujuan menjembatani pemikiran yang selama ini menganggap bahwa Islam lebih cenderung identic dengan kekerasan, agar Islam bisa diterima dengan baik oleh seluruh Bangsa dan Negara.

TGH Fakhruddin, LC asal Gerunung Praya Lombok Tengah mengatakan, bahwa kegiatan ini menjadi tempat membicarakan hal-hal seputar keislaman di dunia modern. Tuan Guru yang menuntaskan belajar S1 di Mesir ini menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini. “Saya bersyukur kegiatan ini dilaksanan di NTB. Saya bisa bertemu kembali dengan para sahabat seperjuangan saat belajar di Mesir” ungkap Tuan Guru yang mengasuh Ponpes Modern Subulussalam Lombok Tengah ini.

Kegiatan yang sebelumnya diawali dengan welcome dinner di hotel Lombok Raya ini, dibuka resmi oleh mantan menteri Wakaf Mesir , Prof. Dr. Abdul Fadhil el-Qoushi. Sebelum acara di buka, Gubernur NTB juga sempat memberikan sambutan selamat datang kepada para peserta yang hadir.

Ballroom IC yang terletak di lantai bawah ini dipenuhi 400 lebih pesrta dari alumni Al-Azhar yang berasal dari 15 Negara. Selain itu, santri Ma’had Darul Quran wal Hadits juga hadir dalam acara tersebut. Rencananya  pertemuan ini bakal di hadiri Presiden RI Joko Widodo. Orang nomor satu di RI ini, akan hadir sekaligus menutup acara tersebut. Kehadiran Jokowi, bertepatan dengan kunjungannya dalam rangka meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah.

Menurut jadwal hari ini Prof. Dr Quraish Shihab akan memberikan sambutan selama 10 menit, dilanjutkan dengan pembukaan resmi oleh Presiden Jokowi. Rapat pleno hari ini pada pukul 10.15, akan tampil para pembicara keren seperti Prof. Mahfud MD (Dialektika dan Fatwa Hukum di Indonesia), Prof. Dien Samsyuddin (Islam, Ummat dan masa depan perdamaian dunia), Prof Azyumadi Azra (Genealogi dan aktualisasi Islam Moderat di Nusanatara).

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru