Hari Kesehatan Jiwa dan Hari Kanker Payudara Sedunia di Inspiratif Expo

Mataram – Inspiratif Expo Diskominfotik NTB pekan ke 8 (15/10) kali ini dimanfaatkan oleh RSJ Mutiara Sukma untuk merayakan puncak Hari Kesehatan Jiwa Sedunia yang jatuh pada tanggal 10 Oktober kemarin. Hadir juga dari pihak RSUP yang merayakan Hari Kanker Payudara Sedunia yang tepat jatuh pada hari ini. Acara semakin meriah oleh penampilan kesenian tradisional oleh SMAN 7 Mataram.

Tema Hari Kesehatan Jiwa Sedunia tahun ini adalah “Kesehatan Jiwa di Tempat Kerja”. Dengan berseragam serba oranye, para petugas RSJ Mutiara sukma mengkampanyekan pentingnya memperhatikan kesehatan jiwa di tempat kerja demi terjaganya produktifitas.

“Seperti lirik lagu Indonesia raya, bangunlah jiwanya, bangunlah raganya, untuk Indonesia raya. Jadi kesehatan jiwa itu yang utama. Ketika sehat jiwa maka sehat raga!” seru Dr. Elly Rosila W. SpKJ. MM, selaku direktur RSJ Mutiara Sukma yang menyampaikan materi di depan para penonton.

Selain memberikan penyuluhan, pihak RSJ juga memberikan tes kesehatan jiwa gratis kepada masyarakat dan beraneka doorprise menarik kepada masyarakat seperti sepeda, TV, Handphone, Rice Cooker, dan aneka hadiah menarik lainnya. Tampil juga Waras Band, group vocal yang beranggotakan mantan pasien RSJ yang telah sembuh total.

Setelah kampanye Kesehatan Jiwa oleh RSJ, tampil juga pihak RSUP dengan para surviver kanker payudara mengenakan seragam serba pink, menyampaikan pentingnya menjaga kesehatan payudara bagi para wanita. Wanita diminta untuk rajin mencek payudara masing-masing, baik secara individu maupun pemeriksaan secara medis.

“Kanker payudara lebih banyak membunuh daripada kanker serviks. Jika masih stadium awal kemungkinan untuk sembuh bisa 100% tetapi kalau sudah masuk setadium 3-4 kemungkinan untuk sembuh sangat kecil. Maka periksakanlah kesehatan payudara anda,” jelas dr. Ramses.

Penonton semakin banyak mengerubungi panggung Inspiratif Expo, ketika SMAN 7 Mataram menampilkan pertunjukan Presean, Karate, Tari Rudat, Tari Selemor Ate, dan Tembang Asmarandane dalam empat bahasa, Bahasa Sasak, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Jepang.

“Saya paling suka sama atraksi karate yang tadi dari Dea itu. Dia cewe’ dan keren. Inspiratif Expo kali ini keren!” ujar Edy, salah seorang penonton.

Tidak hanya panggung yang meriah, stand Inspiratif Expo juga diramaikan oleh komunitas Buku Ini Aku Pinjam BIAP dengan buku-buku yang dapat dipinjam oleh penonton. Dari anak-anak sampai orang tua tampak antusias meminjam buku-buku dari komunitas literasi tersebut.

“Adanya stand ini bisa mengundang masyarakat untuk gemar membaca, semoga kedepannya stand inspiratif expo bisa lebih banyak lagi didatangi oleh komunitas literasi,” komentar Nadya, salah satu MC Inspiratif Expo. (nov)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru