Ronda di Karang Gading


KM. MASBAGIK. Desa Kesik, Kecamatan Masbagik. Untuk menjaga kenyamanan dan keamanan warga sekitar, jauh hari sebelumnya Pemerintah Desa telah mencanangkan untuk para warga di masing-masing Dusun untuk giat mengadakan kembali ronda. Hal itu disambut positif oleh warga masyarakat yang ada di Karang Gading, Desa Kesik. 

Bahkan jauh hari sebelum di gemborkan masalah tersebut oleh pihak Desa, warga masyarakat Karang Gading telah terlebih dahulu melakukan hal tersebut. Hal ini telah berjalan sejak tahun 2015 dan masih berjalan hingga sekarang. Namun, tentu kegiatan ini sempat mengalami kendala terutama ketika memasuki musim penghujan yang menyebabkan beberapa malam sempat kosong.

Perlu penulis informasikan untuk masing-masing malam terdapat 10 orang personil yang diketuai oleh satu orang pemimpin. Tugas pemimpin disini mempunyai peran yang sangat besar yaitu mengkoordinir anggotanya yang tidak bisa hadir ronda, mempersiapkan konsumsi untuk malam gilirannya dan bertanggung jawab jika ada anggotannya terlambat hadir. Kegiatan ronda dilakukan mulai pukul 24.00 Wita hingga pukul 04.00 Wita. Areal yang menjadi wilayah ronda mulai dari barat hingga Yayayan Al-Majidiyah NW Kesik, arah utara hingga Kokoh Montong, arah timur hingga Penaikan dan arah selatan hingga Yayasan Al-Abror NW Kesik. Namun, sering kali juga dilakukan patroli bersama Petugas Keamanan setempat (Polmas Desa Kesik) untuk ikut berkeliling di sekitar wilayah Desa Kesik.

Semoga kegiatan ini akan tetap terus bertahan lama dan menjadi inspirasi untukyang lainnya untuk ikut serta menjaga daerah sekitar tempat tinggal. Salam toes dari kampung.

By_Andre D’Jails

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru