Festival Kuliner Lombok Sumbawa

Ba'da sholat jumat sekitar pukul 14.00 wita  ratusan pengunjung berjubel memadati Festival Kuliner Lombok Sumbawa 2017 yang berlangsung di Islamic Center Mataram. Untuk memeriahkan   festival kuliner ini pinitia sengaja menyiapkan 20 jenis kuliner diantaranya pecel sasak,ayamtaliwang,sate rembige, kue cerorot, pelecing, gula gending, sate pusut, sayur ares, bebalung, janda berenang, brongko,sate tanjung, bantal, serabi, cengeh, banteng ngangak, karedo maci kendole, sayur lebui.

Dari 20 jenis masakan ini dibuat menjadi 3000 porsi yang siap dibagikan secara gratis kepada para pengunjung.
Walaupun dibawah panas terik matahari yang begitu menyengat tidak menyurutkan para pengunjung untuk antri menunggu giliran mengambil kupon makanan yang sudah tertulis nama dari 20 jenis makanan tersebut. Salah seorang pengunjung asal lingsar kabupaten lombok barat Joko yang datang bersama istri dan anak-anaknya mengatakan Festival Kuliner Lombok Sumbawa ini di akui sangat memuaskan terutama untuk masyarakat lombok.

"Alhamdulillah cukup memuaskan untuk masyakat lombok, daripada habis sholat trus hanya diam-diam aja lebih baik kita ikut memeriahkan festival ini". Kata joko sambil membawa 2 bungkus gula gending yang didapat dari menukarkan 2 buah kupon ke pedagang gula gending.

Lain halnya dengan neneng , ia bersama 2 anaknya mendapatkan 5 kupon diantaranya 2 kupon gula gending, 1 kupon sate bulayak, 1 kupon brongko sejanis kue yang dicampur dengan pisang dan 1 kupon pecel sasak.
"Alhamdulillah dapat mencicipi aneka masakan khas sasak, walaupun tadi antrinya lama dan cukup panas. tapi terobati dengan  nmendapatkan kupon makanan". Kata neneng.

4 dari pedagang gula gending Ahmad Nasri asal Lombok Timur mengatakan gula gending yang dibawa ini dibayar oleh panitia sebesar 500 ribu rupiah, Nasri pun mengaku cukup senang diikutkan dalam festival ini karna disamping dapat memepromosikan gula gending juga keuntungan yang diperoleh cukup lumayan.
"Untungnya lumayan pak, panitia memesan untuk 1 gerobakgula gending dibayar 500 ribu rupiah. itung-itung promosi". Kata Nasri sambil melayani pengunjung yang membawa kupon gula gending.

Dalam Festival Kuliner Lombok sumbawa yang berlangsung hanya sehari ini dari pukul 08.00 s/d 22.00 wita ini juga di adakan talk show dan live cooking bersama Chef Sisca Soewitomo salah seorang pakar kuliner indonesia.
Festival Kuliner Lombok Sumbawa salah satu bukti keseriusan pemerintah daerah dalam mengembangkan konsep wisata halal, mengingat NTB selama dua tahun berturut-turut berhasil meraih penghargaan World Halal Tourism Award (WHTA) 2016.
 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru