Berjamaah Membangun Desa

Pengembangan masyarakat melalui pendampingan lembaga sosial saat ini sedang marak dilakukan, baik oleh lembaga lokal maupun lembaga dari luar. Kegiatan ini, secara umum bertujuan untuk membentuk kemandirian masyarakat serta menciptakan inovasi-inovasi di tingkat desa sehingga masyarakat tidak bergantung pada pemerintah

Sejak 2012, salah satu lembaga sosial, Yayasan Gugah Nurani Indonesia atau lebih akrab disebut GNI telah melakukan pendampingan terhadap anak-anak di desa Mertak kecamatan Pujut Lombok Tenggah. Lebih kurang 892 anak dari berbagai tingkatan telah didampingi oleh GNI. Mulai dari tingkat SD hingga SMA. 

Selain itu, GNI juga melakukan pendampingan terhadap masyarakat umum. Kegiatan yang telah dilakukan semacam pelatihan pengelolahan rumput laut menjadi makanan ringan (kerupuk rumput laut) pengawetan ikan dengan menggunakan teknologi tepat guna (pengasapan), pelatihan produksi pakan ternat dengan bahan baku local, pelatihan produksi tempe, pelatihan tenun songket dan pembinaan Koperasi wanita.

Dari kegiatan tersebut diharapkan bisa membantu dan mengembangkan kemampuan masyarakat dalam mengelola dan memanfaatkan sumberdaya yang ada untuk kemajuan bersama, namun tentu kegiatan ini tidak akan berhasil jika tidak ada dukungan dari masyarakat itu sendiri dan pihak pemerintah. 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Advertisement

Artikel Terbaru