Kediri Kota Santri, Alternatif Wisata Religi

       Jika anda bosan berwisata di pantai atau di hutan, maka tak ada salahnya jika anda mencoba berwisata di sebuah desa yang konon terkenal dengan sebutan Kota Santrinya. Kediri Lombok barat, memang sudah lama terkenal dengan sebutan kota santri. Julukan ini disematkan bukan karena seluruh masyarakatnya adalah santri, melainkan karena di desa ini berdiri beberapa pondok pesantren besar yang jaraknya berdekatan. Sebut saja Pondok Pesantren Nurul Hakim, Ponpes Al  Ishlahuddiny, Ponpes Yusuf Abdussatar, dan Ponpes NW Selaparang. Pengunjung bisa menengok ke empat pondok pesantren yang terbilang berumur ini hanya dengan berjalan kaki dari satu pondok ke pondok yang lain. Bahkan, letak ponpes Al  Ishlahuddiny dan bagian dari ponpes Nurul Hakim hanya terpisah oleh sebuah jalan raya saja.

       Saat sore hari, anda bisa datang dan menikmati nuansa pesantren yang sangat kental di desa ini. Di sepanjang jalan, akan ada para santriwan dan santriwati yang sedang berjalan-jalan dengan jilbab besar, jubah, sarung, atau peci – pakaian khas para santri. Tak jarang, anda juga bisa berpapasan dengan santri yang sedang menenteng kitab kuning atau alqur-qan. Hal yang membuat hati tentram melihatnya. Atau jika mau, anda bisa mengunjungi pondok pesantren yang ada disana dan menanyakan sejarahnya. Pondok Pesantren Nurul Hakim misalnya, telah berdiri sekitar tahun 1948. Selain itu, anda juga bisa mengunjungi rusa-rusa yang dipelihara dengan baik disana.

       Tak hanya kota santrinya, Kediri juga terkenal dengan baksonya. Ada banyak warung bakso dengan cita rasa yang dapat menggoyang lidah anda. Diantaranya, Warung Bakso Karunia yang sudah membuka cabang dimana-mana, Warung Bakso Hj. Ibrahim yang pembelinya seringkali membludak, dan warung-warung bakso lainnya yang berjejer di Kediri, tepatnya di Jl. TGH. Ibrahim Al-Khalidy. Jadi, setelah anda berwisata religi melihat pondok pesantren dan santrinya serta mengkaji serajarahnya, anda bisa beristirahat di warung bakso dan mengisi kembali energi anda. 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Advertisement

Artikel Terbaru