Filosofi Gunting Kuku Malam Hari

Banyak yang kita dengarkan tentang takhayul,mitos, firasat, misteri, kejelekan, dan dan berbagai macam hal negatif yang banyak diperbincangkan oleh masyarakat yang ada didunia ini, dari hal kecil hingga yang besar. Termasuk juga takhayul-takhayul yang sangat tidak pantas terjadi.

Salah satu takhayul yang paling umum ini, dan mungkin paling tidak masuk akal adalah"jangan gunting kuku pada malam hari". Apa yang membuat sebuah takhayul ini banyak dipercaya. Salah satunya adalah Negara Jepang yang paling percaya dengan takhayul ini. Tentu kita tahu bahwa Negara Jepang dengan sumber tekhnologi yang telah maju, tapi percaya akan sebuah takhayul ini. Bukan Jepang saja yang termasuk dalam golongan-golongan yang percaya akan Takhayul ini, melainkan negara-negara lain. Termasuk negara Indonesia.

Indonesia adalah sebuah negara yang sangat memegang erat tradisi dan budaya. Salah satu budaya yang paling umum yang terjadi dimasyarakat kita adalah kepercayaan terhadap sesuatu hal yang tabu. Didalam kehidupan masyarakat Indonesia banyak takhayul dan mitos-mitos kepercayaan terhadap tingkah laku kehidupan kita sehari-hari. Dan inilah yang membuat diri saya sendiri untuk tau makna dibalik Gunting Kuku pada malam hari.

Mitos ini pertama kali saya dengar langsung dari Orang Tua saya sendiri. Pada saat itu saya tidak sabaran untuk memotong kuku saya sudah mulai memanjang dan sangat tidak enak untuk dilihat. Tiba-tiba Orang Tua saya melarang untuk melakukan hal itu. Saya lantas bertanya, kenapa hal ini dilarang? Apa pengaruhnya dengan kehidupan kita?,"ketika kamu sedang memotong kuku malam hari, dan pada saat itulah kamu berdo'a agar keselamatan Orang Tuamu akan berbahaya, dan ketika itu juga jin yang berkeliaran yang berbuat jahat terhadap orang yang melakukaknnya,Ujarnya ibuku.

Saya tentu tidak percaya hal yang seperti, lama saya berfikir dan mencari informasi dari berbagai sumber, akhirnya saya menemukan jawaban kenapa mitos itu dipercaya sampai saat ini. Adapun jawaban dari mitos itu adalah :

1. Dahulu listrik belum ada, dan jika malam tiba maka ruangan rumah akan segera gelap, hanya diterangi lilin dan lampu minyak

2. Dahulu orang-orang memotong kuku dengan pisau yang tajam

3. Jika cahaya kurang baik, maka saat memotong kuku ditakutkan pisau akan memotong jari-jari anda.

Dari jawaban mitos-mitos inilah yang membuat saya benar-benar tidak percaya akan mitos tersebut, kepercayaan terhadap hal-hal ghaib membuat masyarakat kita berpikir terlalu jauh memandang sebuah mitos.

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru