Buka Puasa Dengan Es Dawet

Bulan puasa adalah bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini pula, para ummat islam sedunia menahan makan dan minum. Namun ketika tiba saatnya berbuka puasa, tentu perjuangan kita sampai dan mendapat berkah yang berlimpah. Terlebih jikalau disabut dengan minuman yang rasanya manis dan dingin. Nah salah satu sajian yang paling cocok buat buka puasa adalah sajian berupa “ES Dawet”.

Es Dawet merupakan salah satu sajian minuman khas Indonesia yang sudah banyak dikulinerkan di Pulau Lombok, seperti di Kota Mataram. Kuliner Es Dawet di kota Mataram sangat mudah dijumpai karena kebanyakan mempergunakan sepeda gerobak. Salah satu tempat mangkal dari pedagang Es Dawet di kota Mataram adalah di belakang kantor polda NTB Mataram.

Selain itu, Es Dawet merupakan minuman yang berasal dari bahan utama cendol atau dawet yang diberi santan dan gula jawa cair. Untuk lebih nikmatnya, es dawet yang ketika sudah dimasukkan ke dalam mangkok atau gelas ditambahkan dengan pecahan es batu berbentuk kristal.

ES Dawet mempunyai cita rasa yang sangat manis dan bercampur dengan rasa gurih dari santan. Tidak hanya rasanya yang manis  dan enak tetapi ada juga fungsi yang lain  dari bahan dawet yaitu cendol yaitu melepaskan rasa panas di dalam tubuh.

Dalam pembuatan Es Dawet sebenarnya tidak terlalu sulit hanya saja jika anda ingin membuat dawetnya anda  perlu ketelitian agar dawet memiliki ukuran yang sama besar dan anda tidak perlu sulit karena sudah banyak yang menjual dawet siap pakai.

Resep Cara Membuat Es Dawet

Es Dawet merupakan sajian yang cocok ketika ada acara keluarga, apalagi di saat berbuka puasa. Jika anda ingin membut Es Dawet berikut kami sajikan langkah- langkah yang mudah untuk di lakunan dalam membuat Es Dawet ini. Silahkan simak tentang Cara Membuat Es Dawet sebagai berikut ini :

Bahan- bahan :

  •     dawet atau cendol, 600gr (tiriskan)
  •     es serut, 650gr

Bahan Kuah santan

  • santan 2.500ml  dr 2,5 buah kelapa
  • daun pandan, 5 lembar
  • 1 Seperempat sdt garam

Bahan Sirup Gula

  •     6 butir buah nangka, potong-potong kotak
  •     gula merah 500gr, sisir
  •     2 lbr daun pandan, diikat
  •     Setengah sdt garam
  •     200ml air

Cara Membuat Es Dawet :

  1. Pertama-tama kita buat dulu kuah santannya. Santan direbus bersama daun pandan dan garam sampai mendidih. Angkat dinginkan.
  2. Kemudian kita buat sirup gulanya. Gula merah direbus bersama daun pandan, nangka, sampai larut dan kental. Aduk-aduk dan dinginkan.
  3. Setelah sirup gula dan kuah santan siap, kita masukan dawet dalam gelas atau mangkuk. Tambahkan sirup gula dan santan. Sajikan dengan es serut.

Demikianlah pembahasan tentang cara pembuatan ES Dawet yang sekiranya dapat membantu anda dalam menyajikan hidangan yang sangat bergizi dan enak tanpa memerlukan skill khusus karena cara pembuatannya pun begitu mudah dan semoga dapat membantu anda sekalian. Jangan lupa sajikan di saat berbuka puasa. () -03

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru