Kuda Laut di Pulau Maringkik

Kuda laut merupakan salah satu  jenis ikan yang hidup di laut dari genus Hippocampus dan familia Syngnathidae. Hewan laut dengan ukuran yang bervariasi ini banyak ditemukan di perairan tropis, seperti di tepi laut yang ada di pulau Maringkik, Lombok Timur.Ukuran hewan laut ini bervariasi, yaitu antara 16 mm sampai 35 cm. Anehnya hewan laut yang bernama kuda laut ini merupakan satu-satunya spesies yang jantannya dapat hamil.

Seorang nelayan Maringkik (Dg Tiro) mengatakan bahwa ada banyak orang yang sering datang menangkap kuda laut di perairan Maringkik. Kedatangan mereka karena selain kuda laut untuk dijadikan aksesoris atau mainan kunci, juga memiliki khasiat yang sangat bagus bagi kesehatan tubuh. Diantaranya dapat mengobati penyakit kulit, gangguan pencernaan, gangguan pernapasan, penyakit saraf, hingga penyakit yg cukup berat seperti gangguan pada hati, jantung dan ginjal dan juga penyakit kanker.

Terkait dengan penuturan Dg. Tiro, seorang dokter hewan yang pernah bertugas di Lombok Timur (Dr Edy) pernah menceritakan pada saya bahwa kuda laut itu sangat bagus bagi kesehatan tubuh. Kuda laut sangat berkhasiat melancarkan peredaran darah, meningkatkan vitalitas seksual, meningkatkan jumlah sperma, disfungsi ereksi, anti penuaan dini, meremajakan kulit, mengatasi gangguan insomnia, mengatasi rasa nyeri di daerah lutut, serta membuat orang dari loyo menjadi jos.

Dg Tiro, untuk penggunaan kuda laut dapat dilakukan dengan cara, yaitu cuci bersih kuda laut, lalu keluarkan isi organ tubuhnya, kemudian keringkan. Selanjutnya direndam dalam segelas arak putih. Diamkan selama satu hari. Hari berikutnya arak siap diminum sebagai minuman kesehatan.

Dalam pemakaian ramuan kuda laut tersebut, jangan terjadi secara berlebihan. Artinya ketika pemakaian pertama cukup satu sloki. Begitu pun juga jumlah pemakaian dalam seharinya yaitu cukup dua kali. Namun perlu dipahami bahwa setiap kali akan memakai terlebih dahulu lakukan perendaman kuda laut pada arak. Dg Tiro juga mengatakan bahwa kalau pun sulit menemukan arak putih, dapat mempergunakan air hangat.Caranya sama dengan ketika mempergunakan arak.

Resep lainnya, kuda laut yang sudah dikeringkan terlebih awal ditumbuk hingga hancur. Setelah menjadi bubuk, siap dikonsumsi langsung atau pun dapat dimasukkan ke dalam kapsul. Dg Tiro  menyarankan agar pemakaian bubuk secara langsung cukup 3 sampai 9 gram perhari, sedangkan dalam bentuk kapsul cukup 3X2.

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa pulau Maringkik merupakan salah satu pulau kecil yang ada di wilayah pulau Lombok, yang mana menyimpan potensi laut yang sangat layak untuk dikembangkan. Namun dalam pengembangannya, tentu dibutuhkan sumber daya manusia untuk memikirkan proses pembudidayaannya, serta keterkaitannya dengan sektor-sektor lain dalam hal kekerjasamaan. () -01

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru