Berugaq Sebagai Media Warga

KM-RENSING BAT _ Sejak zaman dahulu berugaq atau semacam gazebo hampir ditemui disetiap rumah warga desa dan hingga saat ini keberadaan berugaq masih sangat dibutuhkan walaupun diakui di dasan dan dusun sekarang berugaq sudah jarang ditemui padahal booming berugaq terutama pada rumah-rumah mewah berugaq selalu ada kita temui.
Berugaq terbuat dari bambu atau kayu dengan atap genteng atau alang-alang berukuran 2 x 2 meter atau 2 x 4 meter dengan jumlah tiang empat atau enam.

Pungsi berugak bagi kalangan masyarakat sangatlah vital untuk tempat kumpul-kumpul menambah keakraban satu dengam lainnya bahkan sebagai tempat diskusi atau urun rembuk. Tak hanya itu berugaq juga oleh pemiliknya dijadikan sebagai tempat menerima tamu karena udaranya bagus.
Berugaq biasanya banyak dimanfaatkan untuk duduk-duduk pada waktu menjelang sore dan jelang tidur malam (sebelum tidur)
Karena banyaknya manfaat berugaq ini maka ada baiknya yang sudah punya untuk dirawat dan yang belum punya bisa membuat berugaq agar bisa bermanfaat untuk menambah kedekatan dengan anggota keluarga dan masyarakat sekitar.

Program pembanguan Desa Rensing Bat untuk membangun berugaq sebagai pos kamling juga patut kita dukung agar tempat-tempat strategis bisa tetap ramai diisi oleh masyarakat dan tentu tempat untuk membicarakan hal-hal baik bukan tempat membicarakan kejelekan orang lain.eim@dein [] - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru