"Begawek" Pendidikan Berwirausaha


KM Sambang Kampung- Permainan di kota sangat jauh berbeda dengan permainan anak-anak di kampung. Jika di kota anak-anak bermain dengan teknologi dan permainan lain yang harganya sangat mahal namun di kampung permainannya tidak membutuhkan biaya, semua diperoleh secara gratis dari alam sekitarnya.

“Begawek” artinya bermain ada banyak jenis permainan anak-anak di Kampung misalnya jaran-jaranan yaitu kuda yang dibuat dari pelapah pisang, kao-kao'an yaitu permainan kerbau yang dibuat dari pelapah kelapa, jajan-jajanan yaitu permainan membuat aneka jajan dari tanah dan dari aneka tumbuh-tumbuhan.

“Begawek” yang paling digemari oleh anak perempuan adalah membuat jajan-jajanan, mereka asik dengan kegiatannya. Mereka “begawek” sambil menjalankan ibadah puasa. Itulah salah satu cara anak-anak melewatkan
waktu berpuasa. Salah satu anak yang sedang asik “begawek”adalah Hayati dia “begawek” dengan dua orang adiknya. Ketika saya bertanya Hayati Puasa ya? Dia langsung menjawab Puasa sih? Hayati lagi buat apa ? sambil sibuk dengan pekerjaannya dia menjawab lagi buat jajan mau jual-jualan.

Ketangkasan tangannya membuat adonan jajan-jajanan sangat baik bahkan sampai cara menyajikannya serta membungkusnya untuk pembelinya sangat baik. “Begawek” sangat membantu anak dalam belajar berwirausaha. Ketika saya melihat dua adiknya membeli dengan tangkas dia menghitung uang-uangan yang dipergunakan untuk melakukan transaksi.

Permainan yang murah meriah ini mampu memberikan pengetahuan, keterampilan serta sikap dalam berwirausaha. Jika kita membandingkan dengan permainan di kota mungkin “begawek” lebih baik untuk usia anak-anak kecil. (Uyik) - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru