Panen Raya di Desa Simpasai Monta

KM RUNGGU.- Bupati Bima Drs H Syafruddin H M Nor, MPd. MM didampingi  Dandim 1608 Bima, Letkol ARH Edi Nugroho. S.Sos, Kadis Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura (PTH) Ir. Tayeb Rabu kemarin melakukan panen raya di Desa Simpasai  Kecamatan Monta.

            Menurut Bupati Bima Drs H Syafruddin H M Nor MPd.MM   bahwa dengan meningkatnya produksi hasil panen sekarang, maka Kabupaten Bima akan mampu memberikan kontribusi beras nasional. ”Dengan melihat produksi gabah sekarang, saya optimis Bima akan mampu menciptakan daerah atau Kabupaten berswasembada beras,” Bangganya.

Untuk bisa meningkatkan produksi gabah, para petani harus bisa mengikuti arahan ataupun petunjuk dari para PPL. Disamping dengan menanam padi benih unggul. ”Para petani harus bisa bekerjasama dengan kelompok dan penyuluh Pertanian Lapangan yang ada,” ujar Mantan Wakil Bupati Bima itu.

Sementara itu Ir. Tayeb selaku Kadis PTH Kabupaten Bima yang dikonfirmasi di lokasi mengatakan bahwa  Panen di Desa Simpasai sekarang dilangsungkan   di lahan So La Bara dengan luas tanaman padi mencapai 23 Ha, adapun jenis padinya varietas unggul berupa inpari 13. Padi ini mampu meningkatkan produksi gabah kering panen (GKP) sebanyak 5,1 Ton perhektar. Sebelumnya, petani hanya bisa memperoleh gabah kering panen sebesar  4,9 ton perhektar. ”Padi Jenis Inpari 13 telah mampu meningkatkan produksi gabah petani, disamping petani selalu menuruti petunjuk para penyuluh lapangan,” ujar Tayeb, kemarin di Simpasai.

Lanjut Tayeb, Desa Simpasai merupakan desa lumbung padi di Kecamatan Monta. Bahkan salah satu desa swasembada beras untuk Kabupaten Bima.Simpasai memiliki lahan sawah seluas 350 hektar dan 100 hektar lahan tadah hujan.  ”Sawah di Simpasai mampu ditanami padi sebanyak Tiga kali,  juga ada yang dua kali, dan sekali palawija.” terang Tayeb yang diamini KUPT PTH Kecamatan Monta, M Rifaid. S.St. (Ris) - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru