Taruna PIP-NUSRA Praktek di Kayangan

Sabtu, tanggal 20 desember 2014, Zulkarnain, MA selaku Direktur Politknik Ilmu Pelyaran melantik 73 orang menjadi taruna-taruni di Aula ASDP Pelabuhan Kayangan Lotim. Sejumlah mahasiswa yang resmi menjadi taruna-taruni tersebut  setelah melalui persyaratan khusus, yaitu dengan mengikuti proses pendidikan semi militer atau masa dasar pembinaan mental yang dibina langsung oleh DanLanal Lotim.

Prosesi peresmian atau pelantikan taruna-taruni Politeknik ilmu Pelayaran Nusa Tenggara berlagsung meriah. Dalam acara tersebut telah dihadiri oleh sejumlah pejabat dari intansi terkait, yakni Ketua yayasan Bahari Athari, Asisten III Kabupaten Lombok Timur, Perwakilan dinas perhubungan laut lotim, perwakilan dari Dikpora Lotim, Ketua Gapesdap pelabuhan kayangan, General Manager PT. ASDP cabang kayangan, Kepalan cabang Atosium Lampung Pelayaran (ALP) kayangan, Danpos kayangan, Direktur PT. Prama, Direktur PT. UD Baura Labuhan Lombok, Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan Kayangan (KUPP), Kepalan cabang Munawar, Kepala Nusawangi. Selain itu, sejumlah tenaga pengajar dan tenaga kependidikan Politeknik Ilmu Pelayaran Nusa Tenggara (PIP-NUSRA) dan sejumlah orang tua atau wali taruna-taruni yang hadir menyaksikan acara pelantikan tarunataruni tersebut.

Mahasiswa atau tarana-tarunia yang dilantik pada acara tersebut berasal dari berbagai daerah , yakni dari Lombok Tengah, Lombok Timur, Lombok Barat, Mataram, Bali, Sumbawa, Bima dan dari Dompu. Merekapun datang di Politeknik Ilmu Pelayaran untuk menuntut ilmu dengan dasar kecintaannya pada laut dan akan mengabdikan diri di laut.

Dalam acara pelantikan taruna-taruni tersebut, ketua yayasan Bahari Athari mengatakan kepada seluruh taruna-taruni  agar sungguh-sungguh berjuang menuntut ilmu. Ilmu yang diperoleh, baik di dalam kelas, maupu di luar kelas agar dapat di terapkan di masyarakat dengan baik. Begitu pun juga M. Yusuf Hadi selaku General Manager ASDP  Cabang  Kayangan dalam pidatonya ,meminta kepada seluruh tarauna-taruni Politeknik Ilmu Pelayaran Nusa Tenggara (PIP-NUSRA), agar dalam praktek lapangan pada semester lima cukup di pelabuhan kayangan. Bagi jurusan nautika di harapkan agar belajar pada kapal-kapal yang ada di pelabuhan kayangan, dan bagi jurusan KPN agar cukup di kantor ASDP. “tidak perlu jauh-jauh keluar derah karena apa yang ada di pelaubahan lain juga ada di pelabuhan kayangan. Namun sebelum praktek nantinya silahkan datang di pelabuhan ini untuk belajar lebih awal”.Ungkap M.yusuf Hadi.

Usai  acara pelantikan taruna-taruni di Aula ASDP kayangan, taruna-taruni jurusan nautika melakukan pengenalan kapal di kapal Nusa wangi yang dipandu oleh sejumlah dosen dan petugas atau muallim kapal. Sedangkan untuk jurusan KPN mereka tetap berada di kantor ASDP untuk mendengarkan pengarahan dari General Manager ASDP (M. Yusuf Hadi) serta melihat proses administrasi perkantoran dan system managerial yang ada di di kantor tersebut. [] - 05

 

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru