Ujian di Musim Hujan

KM Sambang Kampung- Musim hujan adalah musim yang sangat ditunggu-tunggu oleh petani, kedatangan musim hujan akan membawa banyak manfaat, petani akan memulai musim tanamnya. Berbagai macam persiapanpun dilakukan untuk memulai bercocok tanam, ada yang memperbaiki pagar, ada yang membersihkan lahan, ada juga yang membajak sawahnya. Kesibukan terlihat sepanjang hari ditengah sawah.

Musim hujan merupakan berkah yang tidak terhingga, namun turunnya musim hujan menguji kesabaran bagi petani yang lain, karena pada saat hujan turun sebagian petani sedang panen padi, ada yang berbuah tomatnya jika terkena dengan air hujan akan pecah, bahkan petani yang sedang mengharapkan buah cabe dan bawang merahnyapun harus tahan terhadap ujian hujan yang turun.

Salah seorang petani yang sedang panen padi Inaq Deli mengatakan bahwa panen padi saat ini bertepatan dengan turunnya hujan sehingga pekerjaan yang seharusnya selesai satu hari terpaksa harus diselesaikan dua hari, disamping itu pula padi yang sudah di panen tidak dapat dijemur. Karena cuaca mendung dan turun hujan.

Sementara itu Harun petani  Tomat mengatakan bahwa saat ini tomat disawah sedang berbuah, namun karena hujan buah tomat tersebut pecah dan membusuk, tomat yang siap panen tersebut harus segera di petik dan segera untuk dipasarkan untuk menghindari kerugian.

Bagi Amaq Sukur yang sedang mengharapkan panen bawang merahnyapun harus mengelus dada karena bawang yang sudah hampir tua terbenam oleh air hujan, meskipun demikian masih ada harapan untuk memperoleh keuntungan dari tanaman bawangnya yang segera dipanen. Semoga hujan memberikan berkah yang melimpah untuk kita semua, hujan menjadikan penyemangat untuk terus bekerja sehingga tanaman hidup dengan baik dan sempurna.(Uyik) - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru