Penyelsaian Profil Desa Online

KM Komedik - Dalam rangka pelaksanaan Pendataan Profil Desa/Kelurahan Tahun 2013 mempergunakan Instrumen Pendataan yang telah disempurnakan sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 12 Tahun 2007 yaitu Sistem Informasi Profil Desa dan Kelurahan berbasis Website secara online .

Maka dari hal tersebut diatas Dua Orang Staf Desa Kalimantong yang juga sebagai penulis ditugaskan oleh Kepala Desa dan Sekdesnya untuk mengentry data penduduk sebagai kelengkapan profil Desa dimaksud di warnet yang jaraknya jauh dari Kalimantong.

Arifin Siregar,S.Pdi Staf Desa Kalimantong mengatakan diselah – selah pengentryan data penduduk langsung ke website kemendagri bahan kegiatan yang dilakukan ini adalah semata – mata untuk kelengkapan administrasi desa kami, sebelumnya kami pernah mengentry di PLIK yang ada di Kalimantong, tapi setelah PLIK diangkat maka kami harus mencari warnet dulu untuk menyelsaikan kegiatan ini., Kami harus datang ke warnet mulai jam 08 Pagi sampai jam 16 sore.

Pak Dedi Staf BPMPEMDES KSB di ruangannya mengatakan bahwa Penyelsaian profil Online ini penting sekali profil itu dapat membantu pihak swasta untuk berpartisipasi dalam pembangunan, misalnya untuk investasi di desa bersangkutan.Manfaat lainnya, bisa dijadikan sebagai pedoman perhitungan anggaran, juga sebagai bentuk pemetaan potensi di masing-masing wilayah,” tuturnya, baru-baru ini. Manfaat dari sistem itu, maka kebijakan yang diberikan akan sesuai dengan karakteristik dan potensi yang dimiliki desa. “Kalau bisa online kan enak. Dari sisi pengawasan juga lebih mudah, karena tinggal klik, desa yang dituju langsung bisa dilihat. Aparat tidak perlu takut, karena ini penting untuk sasaran program yang lebih tepat dan efektif,” tegas dia.

Dia juga berharaf dalam pengisiannya nanti profil desa itu tidak boleh asal-asalan kalau bisa pengisian sesuai data dan demografi wilayah, mulai dari perkembangan dan potensi yang ada dan yang lebih penting adalah jumlah penduduk, jangan sampai ada manipulasi karena menyangkut desa bersangkutan .( Hesso Komedik ). - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru