Sambang Kampung Bersama Selvi

KM Sambang Kampung- Keberadaan Kampung Media ditengah masyarakat sangat besar manfaatnya. Berbagai informasi kegiatan yang ada di kampungpun terus di publikasikan dan bahkan menjadi motor penggerak Usaha Kecil dan Menengah.  Kampung Media Sambang Kampung telah melakukan berbagai macam upaya untuk terus mendorong kegiatan masyarakat diberbagai bidang, seperti pendidikan, social, budaya, infrastruktur, pemerintahan  kesehatan dan lain sebagainya dengan menyebarluaskan informasi serta memberikan fasilitas layanan internet kepada masyarakat. Hal inilah yang mendorong Seleparang TV atau Selvi untuk mewawancarai kami di Sekertariat Kampung Media Sambang Kampung yang berlokasi di Desa Teros Kecamatan Labuhan Haji.

Hari Selasa (04/11) tepat pukul 10.30. Wita dua orang dari Seleparang TV datang berkunjung ke KM. Sambang Kampung untuk meliput kegiatan yang dilakukan selama ini. Materi wawancaranya adalah manfaat keberadaan Kampung Media berada ditengah-tengah masyarakat, dampak dan kendala yang dihadapi. Dalam kesempatan tersebut kami menjelaskan secara rinci sebagai berikut

Bidang Pendidikan

Sebelum bergabung dengan Kampung Media kondisi desa terutama di bidang pendidikan kesulitan mengakses internet sebagai media pembelajaran. Pelajar yang akan menyelesaikan tugas rumah yang diberikan oleh guru disekolah sangat kesulitan mencari bahan dan materi yang akan diselesaikan, mereka terpaksa mencari warung internet (warnet) didesa lain yang jaraknya cukup jauh dan harus membayar dengan harga yang sangat mahal.

Kini setelah bergabung dengan kampung media pelajar dapat memanfaatkan layanan internet yang telah disediakan oleh kampung Media Sambang Kampung, pelajar tidak lagi pergi jauh untuk mencari segala keperluan yang berkaitan dengan materi pembelajaran.mereka dapat dengan mudah menjangkau dan memperoleh informasi secara mudah dan murah. Setiap hari kunjungan pelajar ke Kampung Media Sambang Kampung mencapai 20-30 orang.

Bidang Usaha Kecil Menengah (UKM)

Desa Teros memiliki potensi Sumber daya manusia yang sangat handal diberbagai bidang, sehingga perkembangan Usaha kecil Menengah sangat cepat, salah satunya adalah kelompok usaha Tifa Rose yang memproduksi berbagai aneka makanan, seperti abon ikan laut,makanan tradisional sasak, assesoris dan produk lainnya, namun perkembangan tersebut tidak diiringi dengan promosi yang baik sehingga kesulitan dalam pemasaran.

Kehadiran Kampung Media di desa Teros membantu untuk promosi melalui layanan internet dengan memberitakan keberadaan Kelompok Usaha Tifa Rose dan menawarkan produknya melalui layanan internet.

Bidang Kesehatan

Berbagaimacam kegitan kesehatan yang telah di buat oleh desa, pemuda dan lembaga lainnya namun tidak pernah mendapatkan apresiasi dan sulit mendapatkan mitra untuk melakukan kegiatan kesehatan.

Kampung Media Sambang kampung membantu untuk memberitakan kegiatan kesehatan yang telah dilaksanakan seperti donor darah, kegitan pembangunan jamban umum program Sanitasi berbasis masyarakat dan berbagai kegitan kesehatan lainnya.

Bidang Infrastruktur

Sarana dan prasarana untuk kepentingan masyarakat banyak sekali yang rusak dan tidak pernah terpelihara dengan baik, seperti jalan penghubung desa, kecamatan bahkan jalan Negara yang kondisinya sangat parah.

Keberadaan Kampung Media Sambang Kampung memberikan informasi tentang kondisi infrastruktur tersebut sehingga mendapatkan perhatian dari pemerintah, seperti jalan lintas Geres menuju Suralaga yang dulu kondisinya sangat parah kini sudah diperbaiki lagi, jalan raya Geres menuju Ijobalit kini kondisinya sudah baik .

Bidang Lingkungan

Dibeberapa tempat di Kecamatan Labuhan Haji kondisi Pantainya sangat memperihatinkan, terkadang hal ini luput dari perhatian pemerintah dan pihak terkait lainnya, seperti abrasi di Pantai Korleko, Abrasi di Pantai Telindung, kampung media terus memberikatakan hal tersebut untuk mendapatkan perhatian dari pemerintah maupun pihak terkait lainnya.

Sampai saat ini kondisi pantai tersebut semakin mengkhawatirkan sehingga Kampung Media Sambang Kampung sampai saat ini terus memberitakaan melalui  berbagaimacam media, melalu Facebook, twuitter, kampung media, selebaran, stiker dan media lainnya.

Bidang Sosial Budaya

Kegiatan social dan budaya yang menjadi tradisi masyarakat jarang sekali mendapatkan perhatian, kebiasaan-kebiasaan masyarakat hanya diperoleh dari cerita mulut kemulut, jika dicari di internet berita mengenai social budaya masyarakan Desa Teros tidak pernah ada.

Setelah ada Kampung Media Sambang Kampung cerita mengenai social budaya masyarakat desa Teros mulai banyak pembaca, seperti kisah masyarakat yang melakukan kegiatan perluasa wilayah dizaman dahulu yang biasa di sebut memunix (punix), nyongkolan, kegiatan keagaman lainnya.

Masih banyak lagi berita yang telah disampaikan melalui Kampung Media Sambang Kampung, namun masih banyak lagi yang belum  diberitakan . Oleh karena itu kepada seluruh masyarakat diharapkan untuk berperan serta dan mau bergabung dengan Kampung Media Nusa Tenggara Barat tentu melalui Portal Terbuka Kampung Media NTB dengan alamat : . Hal ini untuk meningkatkan pelayanan public. Kegiatanpun berakhir pukul 12.30 Wita. (Uyik) - 05

 

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru