Komunitas Bonsai

KM Sambang kampung- Bonsai adalah salah satu jenis tanaman hias yang bentuknya kerdil biasanya di tanam di pot sebagai pajangan atau hiasan rumah. Tanaman bonsai ini bentuknya sangat unik dan biasanya berupa tanaman keras, seperti pohon asam, sentigi, ketimus dan pohon lainnya. Harga tanaman ini sangat bervariasi mulai dari harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah trgantung dari keunikan pohon yang dibonsai.

Beberapa orang yang mempunyai hobi membuat dan mengoleksi tanaman bonsai ini membentuk komunitas. Mereka berasal dari bebagai desa di Kecamatan Sambelia dengan berbgai macam profesi ada PNS, Polisi, tukang bangunan, bengkel mobil, petani dan berbagai profesi lainnya, biasanya mereka berkumpul di dusun dasan Tinggi Desa Sambelia untuk membahas tentang bonsai ini. Merekan biasanya bersepakat untuk mencari bonsai bersama-sama baik kehutan, sungai maupun di pantai.

Menurut Marwin salah seorang anggota komunitas bonsai ini mengatakan bahwa biasanya kita mencari tanaman bonsai di beberapa tempat seperti di Rawa Sugian, pantai Kokok Pedek bahkan sampai ke hutan Sambelia. Selama pencarian biasanya kita membawa 5 bibit bonsai namun terkadang yang bisa tumbuh itu tiga atau dua karena memang membuat bonsai ini membutuhkan tehnik yang sangat teliti sehingga membutuhkan kesabaran dalam merawat bonsai.

Hobi mengkoleksi bonsai ini untuk mengisi waktu luang setelah beraktifitas pokok, namun jika kita cermat maka memelihara bonsai ini dapat mendatangkan keuntungan yang besar karna harga bonsai cukup tinggi mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Pada musim tertentu para pembeli bonsai biasanya datang berkunjung ke lokasi pembudidayaan bonsai di Dasan Tinggi Kecamatan Sambelia disana pembeli dapat bertransaksi langsung. (Uyik) -01

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru