Mencari Rizki di Bulan Suci

Bulan ramadhan telah tiba, bulan suci yang di nanti-nanti oleh umat islam di sluruh dunia telah datang menghampiri. Pada bulan ramadhan, seluruh umat islam di dunia melakukan ibadah puasa yakni ibadah yang mengharuskan umat islam untuk menahan diri dari makan dan minum dan segala perkara-perkara kotor, baik itu perbuatan dan perkataan.

Yang menarik di setiap datangnya bulan suci Ramadhan adalah,di Labuhan Lombok akan  selalu ada para pedagang musiman yang selalu menjajakan makanan-makanan khas untuk berbuka puasa yang biasa disebut dengan takjil. Setiap sore dari jam 3 sore sampai menjelang berbuka puasa, trotoar jalan raya Labuhan Lombok akan sealalu penuh dengan para pedagang takjil.

Takjil yang di jual oleh para pedagang sangatlah bervariasi, ada yang hanya menjual jajanan pasar da nada juga yang menjual lauk-pauk untuk berbuka. Para pembeli dari berbagai desa akan selalu datang untuk berbelanja di sana. Bahkan ada beberapa pembeli yang sengaja datang dari Desa Sambelia hanya untuk membeli beberapa bungkus jajanan pasar untuk dibawa pulang.


 

Ini adalah fenomena yang menjadi tradisi rutin masyarakat Desa Labuhan Lombok di setiap bulan ramadhan. Meski dengan menahan lapar dan dahaga serta dengan tenaga yang tidak lagi penuh, para pedagang takjil tetap bersemangat untuk berjuala. Tidak sedikit dari para pedagang yang dagangannya selalu habis, sehingga ada beberapa dari mereka yang mendapatkan hasil penjualan hingga mencapai 1 juta lebih hnya dalam setengah hari.

Bulan Ramadhan selalu menjadi bulan yang di nanti-nanti oleh masyarakat Desa Labuhan Lombok, terutama para pedangan Takjil, karena disamping menjalankan ibadah juga sekaligus bisa mencari peluang untuk mendapatkan rizki yang sebanyak-banyaknya. () -05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru