KB Sudah Jadi Kebutuhan

KM RUNGGU.-Menjadi Aseptor Keluarga Berencana bagi masyarakat di Kecamatan Belo, kini sudah menjadi kebutuhan. BerKB, sudah bukan larangan sehingga animo masyarakat untuk memasang alat KB sangat tinggi.

            Rostina AMd, Kep. SPd mengatakan bahwa warga di Kecamatan Belo sekarang menjadi anggota Keluarga Berencana sudah merupakan kebutuhan. Alat kontrasepsi KB yang banyak di minati masyarakat Kecamatan Belo adalah MOP dan MOW, IUD, serta Suntik. “Animo masyarakat Kecamatan Belo untuk berKB, kini menjadi kebutuhan bukan jadi hal yang tabu seperti dahulu,” ujar Rostinah

            Kata dia lagi, sebagai petugas KB atau bidan yang menangani masalah pemasangan alat kontrasepsi KB, sangat kewalahan setiap kali turun ke desa bila jadwal kunjungan tiba. “Kami kewalahan melayani kaum wanita yang ingin memasang KB,” ujar Wanita Asal Desa Karumbu itu.

            Program Keluarga Berencana, bukan melarang pasangan suami istri untuk tidak memiliki anak. Namun, program pemerintah itu mengatur jarak kelahiran anak. Sehingga pemasangan alat kontrasepsi seperti Medis Operasi Pria (MOP) dan Medis Operasi Wanita (MOW), IUD, Implant, Suntik, Kondom dan Pil adalah jenis alat KB yang bisa digunakan oleh calon maupun anggota KB. “alat-alat KB itu didapat secara gratis, setiap pemasangapun dilakukan secara gratis pula,” terangnya.

            Minat yang tinggi, sekarang ada kecenderungan para ibu untuk memasang alat KB dengan cara suntikan. Hal itu bisa dimaklumi, kata dia, karena akses pelayanan pada masyarakat di desa sudah semakin gampang dan cepat. “Sekarang lebih banyak menggunakan alat KB Suntik, maklum kini telah ada bidan di setiap desa, bahkan bidan di desa itu ada dua tiga orang.” Pungkas Rostinah. (Rys)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru