Anak Harus Berhasil

KM Sambang Kampung- Sebagai buruh tani menanam padi Sami’un tidak pernah merasa lelah untuk bekerja mendapatkan penghasilan, Cuma inilah keterampilan yang dimiliki oleh pria dengan dua orang anak ini. Setiap hari selalu ada pesanan yang datang untuk menanam padi, dengan sangat gembira dia menerima pekerjaan tersebut. Menanam padi bukan perkara yang mudah, butuh keterampilan khusus untuk dapat menanam dengan cepat dan teratur.

Untuk menyelesaikan pekerjaan menanam padi seluas 1 Ha. dibutuhkan  4 orang pekerja dengan upah borongan Rp 9000/ are atau Rp 900.000/Ha. diselesaikan selama satu hari. Hasilnya mereka bagi secara merata. Kerjasama dan kekompakan merupakan salahsatu bentuk kebersamaan diantara mereka, berburuh menanam padi membutuhkan stamina yang prima. Bagaimana tidak mereka jongkok selama berjam-jam sehingga sering sekali mereka merasakan sakit pinggang.

Hasil yang diperoleh dari pekerjaan ini dipergunakan untuk membiayai buah hatinya yang sedang duduk di kelas VII (SMP), menurut Sami’un bahwa anak-anak harus sekolah jangan sampai mereka merasakan sakitnya kehidupan ini karena tidak sekolah seperti yang saya rasakan ini, mereka harus berhasil. Meskipun penghasilan setiap hari pas-pasan namun saya berusaha untuk selalu menyisihkan untuk biaya sekolah anak-anak sisanya itulah yang dipergunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Sami’un sangat bersyukur bahwa setiap hari selalu ada yang menggunakan jasanya untuk menanam padi, bahkan langganannya sangat banyak berasal dari Teros, Kelayu, Labuhan haji, Surya wangi, Kerumut, Aik Dalam dan dibeberapa kecamatan lainnya. Pria yang berasal dari Lendang Bunga Kecamatan Suralaga ini sangat professional dalam menanam padi, mereka sudah menghafal jumlah bibit yang harus disediakan dalam setiap are tanah, hasilkerjanya sangat disukai oleh para pengguna jasanya. Harapannya adalah kesehatannya terus terjaga sehingga dia tetap melaksanakan aktifitasnya membantu setiap petani yang akan menanam padi karena sekarang sudah jarang orang yang bisa menanam padi. (Uyik) - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru