Tutorial Penggunaan New Kampung Media

PENDAFTARAN

1. Setelah membuka www.kampung-media.com silakan mendaftar terlebih dahulu dengan klik menu DAFTAR

 

2. Isikan dengan lengkap pada field / kotak kotak isian yang tersedia, jangan lupa memilih wilayah sesuai domisili anda (kecamatan).
Apabila isian sudah lengkap maka akan muncul tombol DAFTAR, silakan di klik untuk proses pendaftaran lebih lanjut.

 

PEMBUATAN URL PROFIL/BLOG

3. Setelah proses daftar selesai, segera buat profil anda. Masing-masing anggota kampung-media.com yang mendaftar, secara otomatis akan mendapatkan laman blog pribadi FREE

(contohnya http://kampung-media.com/nama_blog_yang_anda_kehendaki).

Semua artikel yang anda tuliskan dapat diakses melalui laman blog yang telah anda buat tersebut. Untuk mendapatkan URL / Link laman blog anda di kampung-media.com, caranya adalah melakukan klik tulisan "buat sekarang" pada lingkaran merah seperti pada gambar di bawah ini. Anda akan masuk ke laman profil anda dan lengkapi data-data yang belum terisi, termasuk url laman blog anda

 

4. Isikan URL profil/blog dengan bijaksana, karena anda hanya mendapatkan 1 (satu) kali kesempatan pengisian dan tidak dapat melakukan perubahan lagi, terhadap pilihan nama blog yang sudah anda tulis. Isikan semua field yang tersedia. Dan klik tombol SIMPAN.

 

5. Lakukan penggantian foto untuk melengkapi profil anda. Caranya adalah, klik area untuk foto (gambar foto abu-abu), kemudian dibawahnya akan muncul menu browse dan upload, silakan klik browse untuk mencari foto pada PC anda, pilih file foto yang akan anda gunakan sebagai foto profil. Setelah memilih file foto kemudian klik button UPLOAD.

 

6. Setelah UPLOAD picture berhasil maka akan muncul tampilan untuk cropping foto anda, anda dapat melakukan penyesuaian dengan memperbesar/memperkecil area cropping dengan cara posisikan cursor mouse anda pada ujung kanan bawah foto. Anda juga dapat menggeser area yan akan anda pilih untuk ditampilkan. Setelah itu jangan lupa klik button SIMPAN.

 

7. Tampilan Profil Yang Sudah Lengkap Akan Seperti gambar Di Bawah Ini:

PENULISAN ARTIKEL

8.Pada bagian kanan atas web kampung media akan muncul avatar/profil pic anda sebagai button untuk memunculkan menu user:

 

9.Anda dapat memulai menulis artikel dengan memilih menu “Tulis Artikel”, maka akan muncul teks editor yang telah disediakan. (Ilustrasi Gambar Di Bawah Ini):

Untuk mempermudah pemahaman penulisan pada kampung media, maka sesuai dengan gambar, ada 9 (enam) tahapan yang harus diisi dan dilakukan secara urut:

  • 1. Pilih Kanal / kategori yang sesuai dengan artikel yang akan anda tuliskan
  • 2. Pilih Foto / Gambar (yang relevan) yang akan anda gunakan untuk foto header / featured image pada artikel anda
  • 3. Tuliskan Judul Artikel anda pada field judul
  • 4. Tuliskan artikel anda pada kolom isian nomor 4
  • 5. Setelah anda selesai menulis artikel pada kolom no 4, maka isikan tags (kata kunci) yang berkaitan dengan artikel anda, (tag mempunyai fungsi mempermudah pencarian pengguna lain untuk menuju artikel anda. contoh: mataram, penyakit, puskesmas)
  • 6. Tekan tombol simpan, untuk menyimpan artikel anda
  • 7. Setelah anda menekan tombol simpan, maka laman web akan kembali lagi pada halaman edit artikel, dimana pada kanan atas dan kanan bawah area penulisan terdapat penambahan tombol "PUBLISH"
  • 8. Untuk Mengirimkan Artikel anda kepada redaksi tekan Tombol PUBLISH.
  • 9. Proses pembuatan artikel selesai, anda tinggal menunggu approval dari tim redaktur.

10. Setelah anda membuat banyak artikel, tampilan URL Blog anda akan seperti berikut:

 

MEMASUKKAN GAMBAR

Pada New Kampung Media terdapat 2 (Dua) jenis gambar yang bisa kita masukkan pada proses penulisan artikel


a. Gambar / Foto untuk Header Artikel
Untuk memasukkan foto pada header artikel silahkan klik tombol Choose File (Foto header Artikel)

 

b. Gambar / Foto Dalam Artikel
Untuk memasukkan foto dalam artikel anda, dapat dilakukan dengan menekan tombol image pada toolbar penulisan

-END-

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru