logoblog

Cari

Bupati Bima Pimpin Apel Siaga Bencana

Bupati Bima Pimpin Apel Siaga Bencana

Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE memimpin Apel Siaga Bencana pada rangkian acara Jambore Pengurangan Resiko Bencana (PRB)yang dihelat di  So

Rupa-Rupa

KM LENGGE
Oleh KM LENGGE
09 Desember, 2019 12:27:48
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 782 Kali

Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE memimpin Apel Siaga Bencana pada rangkian acara Jambore Pengurangan Resiko Bencana (PRB)yang dihelat di  So Wadu Pa'a Desa Kananta  Kecamatan Soromandi, Minggu (8/12) Bupati.

Apel Siaga yang dihadiri Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat  DR. Hj. Siti Rohmi Djalilah, M.Pd  dan Wali Kota Bima H.M Lutfi, SE unsur FKPD, perangkat daerah, instansi vertikal dan organisasi terkait penanggulangan bencana tersebut, Bupati memaparkan dampak ketika bencana terjadi.

"Tidak bisa dipungkiri, intensitas dan kompleksitas bencana di era modern ini telah banyak menimbulkan korban jiwa,kerusakan dan kerugian yang besar,serta sangat mengganggu aktifitas,dan produktifitas, baik untuk keberlangsungan dunia usaha dan kehidupan masyarakat.

Selain itu, bencana dalam skala yang luas dapat menghambat pembangunan. Karena itu, program Pengurangan Resiko Bencana menjadi sesuatu yang penting untuk dilaksanakan". Jelas Bupati.

Gambaran dampak bencana tersebut memberikan logika penting bahwa mari kita berinvestasi kepada kesiapsiagaan pra-bencana agar dampak bencana yang timbul dapat ditekan, dampak ekonomi bisa lebih diminimalisir, dan tentunya tindak mengganggu keberlangsungan usaha dan mata pencaharian masyarakat.

Menyinggung kegiatan Jambore PRB, kegiatan yang dirangkaikan apel siaga bencana, pelatihan relawan serta simulasi penanggulangan bencana ini menjadi sangat strategis dalam rangka menyatukan persepsi dan koordinasi dalam penanggulangan bencana.

 

Baca Juga :


Kesiapsiagaan merupakan modal yang sangat penting dalam menghadapi bencana, mulai lingkup terkecil yaitu lingkungan keluarga,komunitas,sekolah,lembaga pemerintah atau swasta atau lembaga usaha.

"Demikian halnya dengan kegiatan  penanaman pohon, menjadi hal mutlak untuk menghijaukan kembali alam kita sehingga nantinya dapat meminimalisir dampak bencana yang akan terjadi. Sekaligus menjadikan momentum untuk memberikan pembelajaran dan wawasan kepada masyarakat mengenai pentingnya reboisasi bagi lingkungan kita". Ungkap Bupati IDP.

Usai pelaksanaan apel, Wakil Bubernur bersama  Bupati Bima, Walikota dan para peserta melakukan kegiatan penanaman kembali "Save Teluk Bima dan penyerahan secara simbolis Bibit Cemara Laut, Mangrove dan Sawo. (KIM WAWO)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2020 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan