logoblog

Cari

Kodim 1606/Lobar Panen Raya Demplot Jagung

Kodim 1606/Lobar Panen Raya Demplot Jagung

"Kasdim Sebut, Mempertahankan Swasembada Pangan Wujud Eksistensi TNI Manunggal Dengan Petani" Gerung Lobar - Swasembada pangan adalah salah satu sektor utama

Rupa-Rupa

Nanang Abdul Hamid
Oleh Nanang Abdul Hamid
21 November, 2019 17:54:06
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 799 Kali

"Kasdim Sebut, Mempertahankan Swasembada Pangan Wujud Eksistensi TNI Manunggal Dengan Petani"

Gerung Lobar - Swasembada pangan adalah salah satu sektor utama pendukung ketahanan Nasional. Program peningkatan swasembada pangan Nasional dari sektor pertanian berupa pengembangan padi, jagung dan kedelai (Pajale) yang diprogramkan pemerintah.

Kodim 1606/Lobar melaksanakan panen raya demplot  jagung seluas 0,5 hektardi Dusun enges- enges Beleke Desa Beleke Kecamatan Gerung  Lombok Barat, Rabu (20/11).

Panen jagung di Demplot Kodim 1606/Lobar dipimpin Kasdim 1606/Lobar Mayor Inf Herry Mujiono, bersama para Perwira Kodim, Kepala UPTD Wilayah Kec. Gerung Ibu Baiq Warnita Widya, SP., Sekdes Desa Beleke, Kadus enges enges Beleke, PPL Wilayah Beleke Vera Astuti, Spt., dan masyarakat setempat.

Kasdim 1606/Lobar Mayor Inf. Harry Mujiono Dalam sambutannya, mengapresiasi Kades dan masyarakat Desa Beleke, terutama masyarakat dilahan jagung warga Dusun Enges-enges atas bantuan dan dukungannya dalam pelaksanaan penanaman jagung Demplot.

Kasdim menyampaikan, bahwa Dandim 1606/Lobar bersama Dinas Pertanian memiliki komitmen untuk terus berupaya meningkatkan ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Lombok Barat dengan terus melakukan pendampingan terhadap petani mulai penyemaian, penanaman, pemupukan hingga panen.

 

Baca Juga :


“Panen jagung ini yang dilakukan juga dibeberapa lokasi di wilayah Korem 162/WB membuktikan bahwa TNI AD tetap eksis untuk mensukseskan program Pemerintah dalam berswasembada pangan,” lanjut Kasdim.

Pemanfaatan lahan pertanian secara maksimal, tambah Kasdim, dengan mengikuti program dan tata cara penanaman sesuai dengan arahan dari UPT Pertanian atau penyuluh pertanian akan menambah hasil produksi yang lebih baik.

Hasil yang diperoleh pada panen jagung di Desa Beleke ini sejumlah,  ubinan : 2,5 m x 2,5 m = 11 Kg, Produktivitas per hetar 11 x 16 = 176 kulit/ha ( jagung tongkolan basah tanpa kulit ), Kompersi ke pipilan kering = 114,4 Kwintal = 11.44 Ton/ha, Kompersi ke Berasan = 10,87 Ton/ha.(N3G)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan