logoblog

Cari

Peran Mahasiswa Di Era 4.0

Peran Mahasiswa Di Era 4.0

Mahasiswa adalah orang orang yang hakikatnya kaum intelektual yang terdidik dan terpelajar. merujuk pada tri darma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian

Rupa-Rupa

Firman Purnawirawan
Oleh Firman Purnawirawan
07 November, 2019 21:39:16
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 833 Kali

Mahasiswa adalah orang orang yang hakikatnya kaum intelektual yang terdidik dan terpelajar. merujuk pada tri darma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengembangan. Peran mahasiswa juga tidak terlepas Sebagai Agen of change dan agen of control. Tapi sampai saat ini, pertanyaan penting bagi mahasiswa adalah mampukah menjalankan peran itu sendiri??.

Melihat tekhnologi semakin canggih, kini seolah olah mematikan peran Mahasiswa itu sendiri. Beberapa survai juga, kini teknologi khususnya Gedget yang menjadi sumber kepentingan mahasiswa. 

Berbicara peran mahasiswa berarti berbicara manfaat. Manjadi seorang mahasiswa berarti mampu menghidupkan nilai mahasiswa yaitu membaca, berdiskusi, dan menulis. Di era sekarang, sebagian mahasiswa lebih menjadi  fungsi mekanik. Lebih mementingkan nilai dari pada manfaat Menjadi seorang mahasiswa. Seolah olah kampus di jadikan sebagai panggung penampilan dan acuh pada tri darma perguruan tinggi.  

"jangan bangga menjadi mahasiswa jika mampu mengamati, tapi tidak mampu memberi solusi" ungkap as'ari mahfuz pada diskusi. Az'ari mahfuz berbicara tentang peran mahasiswa, nilai mahasiwa, dan manfaat mahasiswa pada diskusi mingguan Komunitas Kopi solidaritas. 

Merujuk pada Tri Darma perguruan tinggi , yaitu Pendidikan, penelitian dan pengembangan. Menjadi mahasiswa kaum kaum intelektual yang terdidik memang sudah lumrah kita dengar. Melihat peran dari mahasiswa itu sendiri, yaitu menjadi cendikiawan muda yang harus menjadi perubahan dan penggerak. Terlebih lagi pada era industri 4.0 ini. yaitu bagaimana memanfaatkan teknologi dengan sebaik baiknya. 

Lanjut pada penelitian. Mahasiswa di berikan kepercayaan sebagai cendikiawan muda untuk bisa melihat situasi dan kondisi. Di era 4.0 ini potensi apa yang perlu di tawarkan untuk teknologi. Mencari jawaban dan solusi agar tidak kalah dengan sistem yang saat ini di jalankan untuk bisa mengembangkan kembali peran peran mahasiswa agar bisa bermanfaat untuk sosial.

Terakhir yaitu pengembangan. Diantara Pendidikan dan penelitian, pengembangan adalah tujuan akhir. Dari intelektual yang sudah mulai melekat, kemudian mampu memberikan solusi, dan mampu mengembangkan potensi atupun inovasi inovasi. Disanalah mahasiswa mampu di katakan sebagai agen of change dan agen of control. Mampu menjadi perubah dalam segi apapun. 

 

Baca Juga :


melihat info terkini revolusi Industri merupakan sebuah perubahan secara besar-besaran di berbagai bidang kehidupan manusia seperti manufaktur, pertanian, pertambangan, transportasi, serta teknologi. Tidak dapat dipungkiri bahwa perubahan-perubahan yang terjadi akan memiliki dampak pada kondisi ekonomi, sosial, dan budaya yang ada di dunia khususnya Indonesia. 

Posisi Mahasiwa dimana? Menjadi mahasiswa yg hanya manjalankan fungsi mekanik tidak akan tertarik dengan era 4.0. Mengedepankan akademis bukan berarti salah. Akan tetapi kembali lagi ke manfaat mahasiswa. Apa yang sudah di berikan pada industri ini. 

Peran peran mahasiswa ini lah yang perlu di tanamkan di dalam kampus, jangan hanya menjadi apatis terhadap ilmu pengetahuan. Mahasiswa organisatoris bahkan lebih tertarik dengan era 4.0 ini. karena memang mahasiswa organisatkris berfikirnya lebih kritis, idealis, pragmatis dan analitis. Bukan berarti lebih baik mahasiswa organisatoris dari pada mahasiswa akademis. Namun mahasiswa organisatoris lebih condong mengedepankan nilai kemahasiswaannya dan lebih bersosial. 

Peran mahasiswa di era 4.0 kini lagi bumingnya di perbicangkan. Menjadi seorang mahasiswa perlu berfikir kedepannya, mengembangkan potensi potensi untuk di tawarkan. Tidak hanya mampu menjadi mahasiswa yang berintelektual akan tetapi mahasiswa juga harus bisa menjadi multi fungsi dalam bidang apapun. Itulah gunanya peran mahasiswa yang sebagai agen of change dan agen of control,. dan mampu menghidupkan nilai mahasiswa yaitu dunia literasi, berdiskusi, dan menulis.



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2020 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan