logoblog

Cari

FASKI 2019 Wujudkan Keluarga Sasambo Gemilang Berbasis Al-Quran

FASKI 2019 Wujudkan Keluarga Sasambo Gemilang Berbasis Al-Quran

Peran keluarga dalam pembangunan daerah memang sangat penting. Tak heran jika penguatan pertahanan keluarga menjadi salah satu program unggulan Provinsi NTB

Rupa-Rupa

Novita Hidayani
Oleh Novita Hidayani
28 Oktober, 2019 19:08:48
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 4284 Kali

Peran keluarga dalam pembangunan daerah memang sangat penting. Tak heran jika penguatan pertahanan keluarga menjadi salah satu program unggulan Provinsi NTB dalam RPJMD 2019-2023.  Festival Anak Soleh dan Keluarga Indonesia (FASKI) tingkat Provinsi  yang sukses digelar di depan Gedung Pendidikan Islamic Center Hubbul Wathan Mataram menjadi salah satu upaya dalam mewujudkan hal tersebut, (27/10).

Dalam ajang  perdana FASKI di NTB ini, seluruh anggota keluarga dan guru dilibatkan dalam 17 mata lomba tentang penguatan keluarga berbasis Al-Quran. 17 ajang lomba tersebut diantaranya lomba Al-Quran tingkat PAUD hingga TK, lomba TPQ (Taman Pendidikan Al-Quran) dan TQA (Ta’limul Qur’an Lil Aulad). Dengan tujuan anak-anak didekatkan sejak dini dengan Al-quran agar tumbuh menjadi anak yang soleh (baik).

Untuk anak muda diadakan cerdas cermat pranikah. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan calon pasangat suami isteri dalam membangun rumah tangga. Sementara itu, untuk orangtua diadakan lomba keluarga sakinah serta dongeng sebelum tidur. Tak ketinggalan, guru di sekolah pun dilombakan pada bidang APE (Alat Permainan Edukatif) dan Praktek mengajar untuk guru.

“Diharapkan dengan lomba-lomba tersebut, pertahanan keluarga yang terbentuk di masa yang akan datang dapat lebih kuat,” tutur Tri Sari Wijayanti, S.Pd, M.Pd selaku Sekjen kepanitiaan FASKI NTB.

Total peserta seleksi FASKI ditingkat kabupaten dan dan kota sebanyak 230 peserta. Kemudian, sebanyak kurang lebih 50 peserta unggulan kabupaten dan kota mengikuti FASKI tingkat Provinsi pada tanggal 26 Oktober.  Pada hari puncak yang digelar di hari berikutnya, sejumlah putra-putri daerah NTB terpilih unutk mengikuti FASKI di tingkat Nasional.

"Kita sudah melakukan seleksi di Tingkat kabupaten dan kota sejak tiga bulan yang lalu. Pemenang di Tingkat Provinsi ini nantinya akan dikirim ke tingkat Nasional pada pertengahan November mendatang," tutur Tri.

Perwakilan tersebut diantaranya Iyan Rahman W. asal Mataram pada ajang  LOmba PAUD Al-Quran perorangan Putra, Shinzi asal Mataram pada Lomba PAUD Al-quran perorangan Putri, Habib Lidinillah dkk asal Lombok Timur pada Lomba PAUD AL-Quran berkelompok.

 

Baca Juga :


Lomba TKA perorangan putra diwakili oleh M. Zainul Fathi asal Mataram, lomba TKA perorangan Putri diwakili oleh Talita Faiha Annaila asal Mataram, dan lomba TKA berkelompok diwakili oleh Amalia Dharma Putri dkk asal Lombok Tengah. Lomba TPQ perorangan Putra diwakili Dany Ahmad Fudlail asal Lombok Timur, perorangan putri, Baiq Dianah Azka Nabila asal mataram, dan berkolompok Rizka El-Fira dkk asal Lombok Timur. Lomba TQA putra diwakili M. Tsaqib Zaka Purnama  asal Lombok Tengah, perwakilan Putri oleh RIza Rizita asal Lombok Utar, dan berkelompok oleh Baiq Izza Mardiah dkk asal Lombok Tengah. 

Lomba cerdas cermat pranikah diwakili oleh Defi Kamilia dan Jihan Fahiraasal Mataram. Lomba kreatifitas membuat APE diwakili oleh Nina Nisrina asal Mataram. Lomba Praktek mengajar diwakili oleh Baiq Rahmah asal Lombok Tengah asal Lombok Tengah. Lomba Quiz Keluarga Sakinah diwakili oleh Suaib, S.Sos dan Yuliani . Serta Lomba Bercerita sebelum tidur diwakili oleh Ahlul Hijar dan Ferawati asal KLU.

Masyarakat sendiri cukup antusias dengan diselenggarakannya FASKI ini. Nina Sirini, salah seorang peserta lomba pada bidang APE ( Alat Permainan Edukatif) yang mewakili ketingkat Nasional mengaku sangat mengapresiasi diadakannya festifal ini.

“Dengan diselenggarakannya festival ini dapat memotifasi setiap keluarga dan guru untuk memperkuat keluarga mereka masing-masing,” tuturnya. (novita-tim media)



 
Novita Hidayani

Novita Hidayani

email: hidayaninovita@gmail.com facebook: Novita Hidayani twitter: @yfoundme

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan