logoblog

Cari

Dandim 1606/Lobar Buka Resmi Peningkatan Kemampuan APKOWIL

Dandim 1606/Lobar Buka Resmi Peningkatan Kemampuan APKOWIL

Kampungmedia.com. Mataram-Kondisi geografis wilayah teritorial Kodim 1606/Lobar yang membentang dari Lombok Barat, Kota Mataram hingga Lombok Utara menuntut optimalisasi peran aparat

Rupa-Rupa

Nanang Abdul Hamid
Oleh Nanang Abdul Hamid
17 September, 2019 18:40:36
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 2040 Kali

Kampungmedia.com. Mataram-Kondisi geografis wilayah teritorial Kodim 1606/Lobar yang membentang dari Lombok Barat, Kota Mataram hingga Lombok Utara menuntut optimalisasi peran aparat komando kewilayahan dalam pengawasan keamanan dari berbagai ancaman yang mungkin terjadi. Tugas tersebut sekaligus adalah tantangan yang menggelitik segenap unsur Apkowil Kodim 1606/Lobar untuk terus meningkatkan kemampuan  Profesionalisme anggotanya dalam PAM teritorial yang diperankan oleh para Babinsa dimasing masing Koramil yang tersebar.
Untuk mengasah kemampuan tersebut Kodim 1606/Lobar menggelar kegiatan
Peningkatan kemampuan aparat komando kewilayahan komando tersebar Kodim 1606/Lobar tahun 2019 di Makodim 1606/Lobar, Senin 16/9.
Acara yang mengusung tema "Melalui kegiatan peningkatan kemampuan APKOWIL tersebar kita tingkatkan profesionalisme APKOWIL dalam mengimplementasikan pembinaan teritorial yang mendukung tugas pokok TNI AD", tersebut dihadiri oleh seluruh Perwira, Bintara dan Tamtama jajaran Kodim 1606/Lobar.
Dandim 1606/Lobar Kolonel Czi. Efrijon Scroll, S.IP., M.M., dalam arahan pembukaannya menyampaikan bahwa,"Peningkatan kemampuan aparat komando kewilayahan (APKOWIL) Kodim 1606/Lobar merupakan tindak lanjut dari peningkatan kemampuan APKOWIL  terpusat yang diselenggarakan di Pusdikter Pusterad. Saya berharap kepada seluruh peserta hendaknya dapat memanfaatkan kegiatan ini untuk memahami kebijakan dan petunjuk dari pimpinan TNI AD dalam menjabarkan strategi pembinaan teritorial. 
Hal tersebut dilaksanakan guna membantu pemerintah dalam melaksanakan tugasnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan untuk kepentingan pertahanan.
Lebih dari itu kegiatan ini hendaknya kegiatan ini juga dapat bermanfaat dalam meningkatkan wawasan dan kemampuan APKOWIL dalam menangani berbagai permasalahan aktual yang terjadi di wilayah.
Akan diperoleh kesamaan visi persepsi dan interprestasi Melalui sikap dan tindakan dilapangan dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AD dan Kodim 1606/Lobar.
Kesamaan visi, persepsi, dan interprestasi ini dapat secara aplikatif harus mengacu pada 5 kemampuan teritorial yaitu kemampuan temu cepat, dan lapor cepat. Kemampuan management teritorial, Kemampuan penguasaan wilayah, Kemampuan perlawanan wilayah, dan Kemampuan komunikasi Sosial.
Kelima kemampuan ini harus diimbangi dengan SDM yang handal, sehingga diharapkan para Babinsa sebagai ujung tombak binter didaerah dapat secara aplikatif dilapangan. Dapat mewujudkan APKOWIL yang profesional dan proporsional.
Jika kemampuan teritorial tersebut dapat diaplikasikan dengan metode binter yang benar oleh para anggotanya,  maka Saya yakin, kedekatan dengan masyarakat Akan semakin terjalin dengan baik. Sehingga dapat memberikan keuntungan bagi kita karena dapat digunakan sebagai jaring informasi yang sangat berguna terhadap penomena yang berkembang didaerah", paparnya.
Diakhir sambutannya Dandim menekankan kepada seluruh anggotanya untuk mengikuti kegiatan tersebut dengan baik dan serius, penguasaan materi, sebagai bekal tugas APKOWIL. Pedomani petunjuk dan kebijakan pimpinan TNI AD maupun pejabat pemerintah agar tercapai keterpaduan tindakan dalam tugas. Sosialisasikan tentang peran binter dalam mewujudkan pemberdayaan di wilayah petahana. Seluruh institusi dan masyarakat di wilayah tugas agar kehadiran TNI dapat diterima dan dirasakan oleh rakyat. Jangan ragu dalam bertindak sebagai upaya mewujudkan keamanan wilayah dengan mekakukan berbagai pendekatan keamanan yang dilaksanakan secara proporsional dan profesional. Tingkatkan kemampuan SDM APKOWIL dalam melaksanakan binter guna mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat. Jaga nama baik satuan dalam setiap penugasan dan hindari perbuatan perbuatan yang dapat merusak citra TNI. Jadikan contoh teladan dalam sikap sehari hari di masyarakat dengan cara mengamalkan saptamarga, sumpah prajurit dan 8 wajib TNI.
Acara selanjutnya diisi dengan berbagai materi peningkatan kemampuan APKOWIL oleh para Perwira secara bergantian dengan tertib hingga penghujung acara. (N3G)

 

Baca Juga :




 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan