logoblog

Cari

Sandiwara Sepanjang Hidup

Sandiwara Sepanjang Hidup

Memang tak salah jika dikatakan “Hidup adalah penuh dengan sandiwara”. Sandiwara adalah hasil karya seni yang akan dipertontonkan, namun dalam tulisan

Rupa-Rupa

KM JONG CELEBES
Oleh KM JONG CELEBES
26 Agustus, 2019 08:28:31
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 935 Kali

Memang tak salah jika dikatakan “Hidup adalah penuh dengan sandiwara”. Sandiwara adalah hasil karya seni yang akan dipertontonkan, namun dalam tulisan ini akan diambil suatu makna konotasi dari kata “Sandiwara”dalam kehidupan nyata. Jadi, sandiwara, suatu cerita hidup yang terdiri dari dua, tiga atau lebih pemeran yang saling berinteraksi satu sama lain. Dalam interaksi tersebut, ada yang bertindak sebagai pemeran utama, dan ada yang menjadi pemeran antagonis, dan lainya adalah sebagai pemeran pendukung atau pembantu pada pemeran utama. Selain itu, dari interaksi tersebut akan muncul sebuah titik permasalahan, dan titik permasalahan inilah yang akan menyita waktu, entah beberapa lama ke dalam suatu bentuk penyelesaian. Bentuk penyelesaian suatu titik permasalahan dapat berakhir dengan kedamaian, dan dapat pula berakhir dengan sebuah tindakan yang yang sangat tragedis. Tentu kita dapat berpikir bahwa sepanjang hidup kita selalu diwarnai dengan bentuk sandiwara yang benar-benar terjadi dalam hidup kita.

Dalam keluarga, sepasang suami isteri terkadang dirundung oleh fitnah, dan ataupun perselingkuhan pada salah satu pasangan tersebut. Hal ini salah satu contoh titik permasalahan yang akan menghantarkan kita kepada sebuah cerita hidup, atau sandiwara nyata. Sebab pada pasangan suami isteri yang lagi sedang serunya bertengkar atau konflik, tentu ada pihak lain yang akan muncul, baik sebagai pemeran anatagonis, maupun sebagai pendukung pada pemeran yang benar, atau seseorang yang datang untuk membantu menyelesaikan titik permasalahn tersebut, sehingga titik permasalah akan berakhir dengan kedamaian atau terjadinya kerukunan kembali pada pasangan suami isteri. Akan tetapi, tat kala muncul seseorang yang akan memberi penguatan pada salah seorang pasangan suami isteri yang berselingkuh, bentuk cerita hidup ini dapat berakhir dengan sebuah tragedi yang sangat pahit. Bisa jadi suami yang berselingkuh dengan perempuan lain yang pada akhirnya menikah, dan atau sang isteri yang melakukan pembunuhan pada suami dan atau pada dirinya. Namun, penyelesaian permasalahan tersebut, bisa juga dengan adanya pihak lain yang akan membujuk sang isteri sehingga ada keakuran untuk dimadu sehingga terjadi titik aman.Ya ini juga suatu sandiwara nyata dalam alam kehidupan.

Antara tetangga pun sering terjadi titik permaalahan. Seorang tetangga yang baru saja membeli kulkas atau barang mewah dan suka pamer-pamer, dapat menghasilkan kecemburuan sosial pada tetangga sebelah. Hal ini menjadi pemicu untuk terjadinya konflik, sehingga menjadi sebuah cerita hidup yang butuh penyelesaian dalam bentuk sandiwara hidup..

Masalah cinta sangat rawan tejadi pada kelompok anak remaja. Perebutan pacar, atau penolakan cinta yang berakhir dengan tragedi , seperti pembunuhan atau pemerkosaan. Namun tekadang suatu penolakan cinta di awal akan berakhir dengan penerimaan cinta, yang kesemuanya memiliki cerita tersendiri atau liku-liku. Hal ini tentu merupakan contoh gambaran wujud sandiwara dalam alam hidup yang nyata, sehingga tak salah jika kita mengatakan bahwa sepanjang perjalanan hidup kita, ada saja liku-liku hidup yang kita alami dan mampu kita menyelesaikannya, dan memiliki cerita tersendiri. Berarti pula kita telah melewati bebarapa wujud sandiwara dalam perjalanan hidup kita.

 

Baca Juga :


Dalam dunia kerja, baik di kantor, kampus, atau pada jenis tempat kerja lain bahwa permasalahan itu selalu muncul. Sebab di mana  pun kita berada selalu hadir sebuah perbedaan. Perbedaan prinsip, perbedaan pemahaman atau pengetahuan, perbedaan budaya yang sulit untuk dipersatukan akhirnya muncul suatu konflik. Telebih jika di sebuah lembaga yang melakukan suatu pemilihan pejabat, sering memunculkan suatu titik permasalahan. Hal ini muncul karena adanya kepentingan-kepentingan yang menjadi salah satu dasar utama. Dari sini pula kita dapat melihat berbagai cara untuk menyelesaikan suatu permasalahan-permasalahan yang ada. Intinya, kapan dan di manapun kita berada sudah pasti kita akan menghdapi dan atau melewati sandiwara dalam alam nyata.

Dari beberapa contoh gambaran hidup di atas dapat disimpulkan bahwa sepanjang hidup kita, permasalahan-permasalahan itu selalu mewarnai hidup kita. Adapun bentuk cerita hidup yang membutuhkan waktu ke dalam suatu tahap penyelesaian adalah wujud sandiwara di alam nyata. Memang, sandiwara itu adalah karya seni yang akan dipertontonkan, namun dalam hal ini, kita akan meminjam atau lebih tepatnya mengambil makna konotasi dalam hidup kita sehingga dikatakan bahwa dalam hidup kita selalu ada sandiwara yang memberi warna. Olehnya itu, dalam berkehidupan, setiap manusia selalu naik panggung untuk memperlihatkan dan menyelesaikan suatu titik permasalahan, dan itulah pemberian arti sandiwara yang terwujud dalam alam kehidupan nyata, yang akan berhenti ketika masing-masing pemeran meninggalkan dunia.



 
KM JONG CELEBES

KM JONG CELEBES

Andi Mulyan Datu Tjondong Dari Kabupaten Soppeng (Sul-Sel) -, tinggal di Selong/Mataram , fb: - Aron Zaan, No. Hp. 085333838169, pendikan Si (sastra perancis -UNHAS),pendidikan : S2 Sosiologi,ngabdi di UNU NTB MATARAM< UGR LOTIM<

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan