logoblog

Cari

Menjadi Bunga Satako

Menjadi Bunga Satako

Senja  23 Juli 2019  saya dikunjungi oleh Mahasiswa Pasca Sarjana dari Institut Tehnologi Bandung. Namamya Ery Fajrin.Ery sedang menyusun tesis tentang Tehnologi

Rupa-Rupa

alan malingi
Oleh alan malingi
24 Juli, 2019 04:47:13
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 680 Kali

Senja  23 Juli 2019  saya dikunjungi oleh Mahasiswa Pasca Sarjana dari Institut Tehnologi Bandung. Namamya Ery Fajrin.Ery sedang menyusun tesis tentang Tehnologi Tenun dan makna dalam motif tenun tradisional Bima.

Para leluhur membuat motif dalam tenun dan ragam hias di Bima temtu lahir dari pengalaman hidup dan memiliki pesan penuh makna.Lewat Motif itulah mereka menitipkan pesan dan simbol tentang kepribadian dan makna hidup.

Dalam beberapa ragam motif itu, ada beberapa motif yang akan menjadi fokus kajian Ery yaitu Bunga Satako dan Bunga Samobo. Bunga Satako melambangkan kepribadian seseorang yang senantiasa menebar kebaikan seperti harum semerbak setangkai bunga kepada lingkungan sekitar. Dari Satako atau setangkai akan membentuk Samobo atau sekuntum bunga yang juga akan membawa kebaikan dan keharuman untuk lingkungan lainnya.

Setangkai keharuman dan kebaikan akan membawa keharuman dan kebaikan bagi lingkungan dan komunitas. Kebaikan berawal dari pribadi pribadi dan akan berimbas pada kebaikan dan keharuman komunal.

 

Baca Juga :


Mari menjadi Bunga Satako yang menebar keharuman dan kebaikan untuk lingkungam sekitar. Dari situlah lahir tatanan kehidupan yang sejuk, ramah dan bermartabat.



 
alan malingi

alan malingi

blogger dan penulis asal Bima-NTB. Kontak : 08123734986-0811390858. Kunjungi juga www.bimasumbawa.com dan www.alanmalingi.wordpress.com.Facebook, WA, Twitter dan Instagram Alan Malingi.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan