logoblog

Cari

Harmonisasi di daerah perbatasan Lobar dan Loteng

Harmonisasi di daerah perbatasan Lobar dan Loteng

Kuripan KIM,-Dusun Aik Jambe Desa Kuripan Selatan Kecamatan Kuripan Lombok Barat  terletak di daerah perbatasan antara Kabupaten Lombok Barat dan Kabupaten

Rupa-Rupa

KIM SEKOTONG TENGAH
Oleh KIM SEKOTONG TENGAH
27 Juni, 2019 16:29:56
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 2193 Kali

Kuripan KIM,-Dusun Aik Jambe Desa Kuripan Selatan Kecamatan Kuripan Lombok Barat  terletak di daerah perbatasan antara Kabupaten Lombok Barat dan Kabupaten Lombok Tengah .Hanya di batasi oleh jalan aspal selebar sekitar 3 meter.Di Dusun ini anyakb terdapat pohon yang tumbuh di wilayah Kabupaten Lombok Barat,tetapi memiliki cabang yang menjuntai hingga daerah Kabupaten Lombok Tengah.

Selain itu juga,terdapat beberapa keluarga yang orang tuanya tinggal di Lombok Barat sementara anaknya tinggal di Lombok Tengah.Bahkan uniknya lagi,untuk membeli kebutuhan sehari hari ,banyak warga Lombok Tengah yang berbelanja ke Lombok Barat,hanya dengan berjalan kaki beberapa langkah.
Ternyata di dusun ini,jarak antara Kabupaten Lombok Tengah dan Kabupaten Lombok Barat hanya sekitar 3 meter saja.Cukup dekat bukan ?
Saat media ini berkunjung ke rumah kepala dusun setempat,Rabu (26/06),Perbedaan wilayah administratif tidak berpengaruh terhadap pergaulan sehari hari antar warga.
"Tidak banyak pengaruhnya dalam interaksi sosial,dalam kegiatan apapun di masyarakat kami saling membantu,tidak ada perbedaan"kata Kadus Aik Jambe,Muktaman,S.Pd.
Taman juga menceritakan, bahwa perbedaan wilayah administratif hanya terdapat pada kepemilikan dokumen kependudukan,sementara yang lain semuanya sama,baik adat istiadat,budaya,tatakrama,dll.
"Kalau yang tinggal di wilayah administratif Lombok Tengah,ya menggunakan KTP Lombok Tengah,"lanjutnya.
Meskipun terpisahkan oleh jalan ,warga perbatasan dua kabupaten di Pulau Lombok ini selalu kompak,rukun,dan jauh dari konflik sosial.
"Alhamdulillah,selama ini tidak ada konflik sosial yang terjadi,karena meski kabupaten kami berbeda,tetapi secara kekerabatan kami masih satu rumpun keluarga,"terang kadus yang juga pendamping sosial ini.
Pembaca percaya enggak , bahwa ada pohon mangga tumbuhnya  di Lombok Barat,buahnya ada  di Lombok Tengah ? hehehe. (Sid).

 

 

Baca Juga :




 
KIM SEKOTONG TENGAH

KIM SEKOTONG TENGAH

Kim ( Kelompok Informasi Masyarakat ) Desa Sekotong Tengah terbentuk sejak tahun 2017.Merupakan salah satu media untuk berbagi informasi yang di tulis oleh warga,dan untuk warga dan dari warga.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan