logoblog

Cari

Dari Akar Hingga Buah, Teori Mahasiswa Dari Pohon

Dari Akar Hingga Buah, Teori Mahasiswa Dari Pohon

Pendidikan sudah menjadi acuan dalam mencari sebuah sukses. Pengalaman didalam kampus akan selalu di tanyakan di kemudian hari. Lantas mampukah kita

Rupa-Rupa

Firman PurnaWirawan
Oleh Firman PurnaWirawan
16 Mei, 2019 12:54:10
Rupa-Rupa
Komentar: 0
Dibaca: 1360 Kali

Pendidikan sudah menjadi acuan dalam mencari sebuah sukses. Pengalaman didalam kampus akan selalu di tanyakan di kemudian hari. Lantas mampukah kita mengikuti arah globalisasi ini, atau malah sebaliknya kita akan di pencundanginya. 

Di dalam sebuah arti hidup kita selalu mencari arah dan acuan untuk tempat yang pas dengan diri orang. Mengikuti arus memang harus, karena melawan arus akan lebih berbahaya dan sulit untuk mampu mencapai sebuah mimpi yang di harapkan, makaknya banyak dari orang melakukan segala macam cara untuk membentuk kepribadiannya. Sama halnya dengan sebuah teori kehidupan yang satu ini. Teori hidup yang saya dapatkan dari beberapa orang besar, kemudian di satukan menjadi satu dan muncullah tulisan atau artikel ini. 

Dalam hidup sebagian orang berpoya poya tanpa memikirkan dirinya dan orang lain hanya demi kesenangannya sesaat. Ada juga orang yang lelah memikirkan dirinya dengan menatap masa depannya. Lalu kali ini di mana posisi kita yang sebgai orang yang terkenal dengan Agen of Change dan agen of Control. 

Katanya orang kita yang sebagai agen perubahan namun tak ada bedanya dengan orang biasa. Malah orang biasa lebih banyak pemikiran ketimbang kita yang dianggap berpendidikan. banyak lo contohnya orang biasa menjadi sukses, dan sebaliknya juga orang yang di katakan berpendidikan malah tidak sukses.Nah dari itu simak artikel ini, mungkin ada manfaat untuk kita semua. 

Baru baru ini muncul sebuah Komunitas baru di kampus UIN Mataram. namanya Komunitas Kopi Solidaritas. Komunitas ini mulai berjalan belum lama namun sudah terlihat baik dalam segala hal. Baik dari segi pendidikan dan kegiatan yang lain. Namun kali ini saya akan lebih membahas tentang sebuah teori dari sebuah akar dan buah.

Setelah berdiskusi dengan para dosen yang ikut terjun dalam komunitas, yaitu beliau memberikan sebuah pernyataan yang begitu luar biasa. Ketika hidup di bawa ke yang baik maka kedepannya akan baik dan jika hidup di bawa ke salah maka hasilnya akan salah. 

Dari sebuah pohon mendapatkan teori. Apa maksudnya, okee kita akan menjelaskannya lebih singkat saja.. Jadi dalam sebuah pohon ada akar batang dan buah. Dari sebuah pohon itu tempat kita di mana dan mana yang akan kita lalui dahulu hingga menuju kesuksesan. Pak Nasir yang merupakan dosen  Tasawuf di UIN Mataram mulai menjelaskan dengan teliti dan membuka pola pikir kita. Beliau pun dulu masih menjadi mahasiswa banyak hal cobaan yang dilalui. Namun beliau selalu berpokus ke pada teori hidupnya yaitu dari pohon tersebut. 

Beliau mulai menjelaskan dari akar,. Akar yang artinya yaitu keluarga pendidikan, dan masa depan. Kemudian Batang pohon diartikan sebagai orang atau bisa di bilang kita yang termasuk. Dan daun dan bunga yang artikan sebagai pekerjaan dan organisasi. 

 

Baca Juga :


Kenapa mahasiswa di teorikan sama dengan pohon. iyaa, karena selama menjadi mahasiswa kamu akan fokusnya dimaana, apakah di akar pohon yaitu orang tua dan pendidikan (kuliah) atau buah yaitu organisasi dan pekerjaan. Knapa bisa begitu ada pilihan, iyaa tentu saja, jelas dalam hidup ada pilihan yang sebagai tantangan hidup. 

Dari pernyataan yang jelas, banyak mahasiswa yang lebih terpokus dengan organisasi dan pekerjaan dan kewajibannya lupa sebagai mahasiswa. ada juga mahasiswa yang lebih mementingkan akademis namun tidak ingin mengubah jalur hidupnya dengan menjadi Kupu Kupu (Kuliah pulang kuliah pulang). lalu bagaiimana kita akan lakukan sehingga kita mampu sukses. 

Dalam teori ini di jelaskan bahwa lebih baik memilih akar yaitu orang tua dan pendidikan. Kenapa bisa begitu, karena ketika kita sedang melakukan sesuatu ingatlah pada orang tua, jerih payahnya menyekolahkan kita hingga sebesar ini. Setelah kaliah pilih Akar dari sebuah pohon dan pendikakan mengingat orang lalu kemudian buah itu dalah sampinganmu maka percayalah hasil akan tewujud. Yang mana di namakan hasil, yaitu kesuksesa yang baik tergantung kita akan mengikuti arus hidup. 

Beliau juga berpesan bahwa "jangan sekali kali kamu melawan arus, maka kamu akan kalah" Ucap beliau. Iya memang benar bahwa kita lebih baik mengikuti arus dari jalur utama. Karena pada dasarnya jalur terbaik takkan menghentikanmu melaju. 

Dari teori ini mungkin kita bisa belajar bahwa, menjadi seorang mahasiswa jangan terlalu fokus ke pada organisasi dan pekerjaan. Karena itu hanyalah sampingan saja. tapi terpokuslah pada pendidikan mu dengan melihat lelah orang tua. Insaallah kita di berikan jalan terbaik oleh sang Penguasa Dunia. Semoga ada manfaat untuk kita semua. 



 
Firman PurnaWirawan

Firman PurnaWirawan

Nama saya Firman Purnawirawan. Saya kuliah di IAIN MATARAM dan masuk organisasi para sahabat yaitu PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia). Saya anak ke dua dari tiga bersaudara.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan